Pengelola belum tahu nasib Taman Rusa dalam Revitalisasi Monas

Pengelola belum tahu nasib Taman Rusa dalam Revitalisasi Monas

Rusa tutul betina yang ada di Taman Rusa Monas, Rabu (22/1/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Kami masih belum tahu nantinya akan seperti apa
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Monumen Nasional (Monas) belum mengetahui keputusan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta terkait dengan sejumlah rusa tutul di Taman Rusa Monas, khususnya selama proses pengerjaan Revitalisasi Monas berlangsung sejak tahun lalu.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas Isa Sanuri mengatakan Dinas Citata belum memutuskan apakah rusa-rusa itu akan dipindahkan ke lokasi lain atau dipertahankan di sisi selatan Monas dekat dengan kawasan yang saat ini dalam tahapan revitalisasi.

"Kami masih belum tahu nantinya akan seperti apa. Apakah rusanya dipindah atau engga ya belum tahu. Karena yang mengerjakan revitalisasi ini kan Dinas Citata. Kami tinggal nunggu arahannya seperti apa," kata Sanuri saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Lebih lanjut Isa mengatakan hingga saat ini belum ada pembicaraan mengenai pemindahan sekumpulan hewan herbivora yang sudah ada di Monas sejak 2004 itu.

Baca juga: DPRD DKI Jakarta hentikan Revitalisasi Monas

Kondisi rusa tutul di bagian Selatan Monas itu pun saat ini bersebelahan dengan proyek revitalisasi yang berjalan, namun para hewan berkaki empat itu tidak terlihat terganggu dengan proyek yang ada karena adanya sekat yang dibuat oleh para perawat rusa.

"Rusa-rusa di sini kayaknya tak terganggu sama revitalisasi. Soalnya mereka kan dari lahir sampai matinya di sini. Mereka seperti sudah terbiasa sama bisingnya jalan," kata salah satu pengurus rusa tutul di Monas Randy, saat ditemui langsung dalam kegiatan memberi pakan kepada para rusa.

Berdasarkan pantauan Antara, rusa-rusa yang ada di Monas itu memang nampak sehat dan gemar sekali makan.

Terbukti saat petugas memanggil rusa-rusa dengan siulan sambil membawa ember, para rusa itu langsung berlari dan berkumpul mendekati petugas meminta 'jatah' makanannya.

Baca juga: Musim hujan jadi waktu 'pesta' bagi rusa tutul Monas

Padahal sesekali bunyi konstruksi bangunan Revitalisasi Monas untuk pembuatan kawasan Plaza Selatan terdengar cukup kencang di kawasan itu, namun para rusa nampak tenang menghabiskan makanannya dan tidak terganggu.

Rusa-rusa itu pun terlihat berkegiatan layaknya di alam bebas dan berlarian serta berkejaran di lahan seluas 2,5 hektare.

Revitalisasi Monas diketahui saat ini memasuki tahapan revitalisasi pertama di bagian selatan dengan tujuan membangun Plaza Selatan yang berkonsep semi amphiteater.

Baca juga: Ketua DPRD: Anggaran revitalisasi Monas bukan untuk penebangan

Untuk menghadirkan Plaza Selatan, Dinas Citata DKI memotong sebanyak 190 pohon di kawasan tersebut.

Meski begitu menurut Isa Sanuri, sebagian pohon yang masih layak untuk ditanam ulang tidak dipotong melainkan dipindahkan ke sisi barat Monas.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Agar Monas dalam kondisi prima saat ajang Formula E

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar