Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan dan Arab Saudi memastikan lolos ke turnamen sepak bola putra Olimpiade 2020, ketika mereka mencapai final Kejuaraan Asia U-23 di Thailand, Rabu.

Kompetisi tersebut merupakan kualifikasi Olimpiade Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dengan tempat di Jepang diberikan kepada tiga tim teratas.

Dua tim teratas tersebut dipastikan melalui semifinal, Rabu, saat Korsel mengalahkan Australia 2-0, sementara Saudi menundukkan Uzbekistan 1-0.

Tendangan Kim Dae-won pada menit ke-56 menempatkan Korsel memimpin di Stadion Thammasat di pinggiran kota Bangkok. Lee Dong-kyeong menambahkan gol kedua 14 menit menjelang pertandingan usai untuk meraih kemenangan atas Australia.

Bagi Korea Selatan ini akan menjadi Olimpiade kesembilan berturut-turut - termasuk di dalamnya ketika meraih medali perunggu di London 2012.

Sementara itu, Arab Saudi membutuhkan waktu hingga menit ke-87 untuk memperoleh gol yang menyudahi tantangan dari juara bertahan Uzbekistan di Stadion Rajamangala Bangkok.

Tembakan pemain cadangan Nasser Al Omran dari tepi kotak penalti dibelokan ke dalam gawang Uzbek oleh Abdullah Al-Hamdan, yang memicu selebrasi dari tim Saudi yang mengakhiri penantian 24 tahun sejak penampilan terakhir mereka di Olimpiade.

Kedua tim akan bertemu di final di Bangkok, Minggu.

Tuan rumah Olimpiade Jepang - yang sudah tersingkir pada babak grup kompetisi ini - otomatis lolos ke Olimpiade 2020.

Tim keempat dan terakhir yang lolos dari Asia adalah pemenang playoff tempat ketiga antara Australia dan Uzbekistan pada Sabtu malam.

Aussies sedang mengejar penampilan pertama di Olimpiade sejak 2008, sementara Uzbekistan baru akan melakukan debutnya dalam kompetisi tersebut, demikian AFP.

Baca juga: China tunjuk Guus Hiddink tangani timnas Olimpiade 2020

Baca juga: Impian Mbappe 2020: Juara Liga Champions, Euro dan Olimpiade

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2020