Kekhawatiran virus mereda sedikit dalam semalam karena pasar mendapatkan transparansi yang lebih besar
New York (ANTARA) - Kurs dolar AS tidak berubah terhadap sekeranjang mata uang lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena permintaan terhadap mata uang safe-haven berkurang.

Stabilnya kurs dolar AS juga didorong berkurangnya kekhawatiran tentang apakah penyebaran virus korona seperti flu akan merugikan ekonomi global.

Baca juga: Pasar AS tutup, dolar naik tipis ditopang data ekonomi kuat


Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, datar di 97,534.

Kematian akibat virus mirip flu baru di China naik menjadi 17, dengan lebih dari 540 kasus dikonfirmasi, menyebabkan kota di pusat wabah menutup jaringan transportasi dan mendesak warga untuk tinggal di rumah guna membatasi penyebaran penularan.

Respons dan keterusterangan China, berbeda dengan cara China menangani epidemi Sindrom Pernafasan Akut (SARS) parah pada 2002-2003, meyakinkan investor yang khawatir tentang kemungkinan kejatuhan global.

Baca juga: Rupiah menguat seiring dimulainya rapat bank sentral


"Kekhawatiran virus mereda sedikit dalam semalam karena pasar mendapatkan transparansi yang lebih besar di sekitar masalah dari China dan negara-negara lain daripada yang mereka lakukan dengan SARS misalnya," Brad Bechtel, direktur pelaksana Jefferies di New York, mengatakan dalam sebuah catatan.

Permintaan investor untuk mata uang safe-haven lainnya juga diredam. Terhadap yen Jepang dan franc Swiss, yang cenderung menarik investor selama masa-masa tekanan geopolitik atau finansial, dolar AS sedikit berubah.

"Bukan berarti kita keluar dari masalah ini karena saya masih memperkirakan dengung berita utama negatif sampai kita benar-benar semuanya telah teratasi tetapi untuk sekarang semuanya sudah beres," katanya.

Baca juga: Meski dibuka jatuh, rupiah berada dalam tren penguatan


Franc tertekan minggu ini setelah data mengindikasikan bank sentral negara itu telah meningkatkan intervensi untuk menghentikan apresiasi mata uangnya.

Bank sentral Swiss, Swiss National Bank, yang telah memiliki pendekatan intervensi ke franc ketika berupaya untuk meningkatkan inflasi dalam ekonomi yang berorientasi ekspor, menolak untuk berbicara tentang kebijakan manajemen mata uangnya.

Investor menggunakan data deposito mingguan sebagai proksi untuk memperkirakan seberapa aktifnya di pasar mata uang.

Data yang diterbitkan pada Senin (20/1/2020) menunjukkan peningkatan jumlah uang tunai yang dimiliki bank-bank komersial domestik dengan Swiss National Bank.

Baca juga: Dolar diperdagangkan pada kisaran paruh atas 109 yen di Tokyo


Di antara mata uang utama, pound Inggris adalah penggerak terbesar, naik 0,65 persen terhadap dolar AS karena investor memperdebatkan apakah bank sentral Inggris, Bank of England (BOE) akan memotong suku bunganya minggu depan.

Dolar Kanada turun sekitar 0,5 persen terhadap greenback setelah bank sentral Kanada, Bank of Canada (BOC), mempertahankan suku bunga utama semalam di 1,75 persen seperti yang diharapkan, tetapi membuka pintu untuk kemungkinan pemotongan jika perlambatan pertumbuhan berlanjut.

Baca juga: Yuan jatuh 247 basis poin, tembus angka 6,8 terhadap dolar AS
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020