Jakarta (ANTARA) - Presiden Iran Hassan Rouhani melalui seorang juru bicaranya mengecam keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memindahkan laga kandang Liga Champions Asia dua klub Iran ke luar negeri dengan alasan keamanan.

"Keputusan ini tidak sportif dan tidak profesional," demikian juru bicara Presiden Rouhani melalui Kantor Berita IRNA yang dilansir Al Jazeera, Kamis.

Keputusan AFC memindahkan laga Liga Champions Asia tersebut terkait dengan meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran menyusul pembunuhan jenderal penting Iran di Baghdad awal bulan ini.

Baca juga: AFP pindahkan duel klub Iran dan Saudi ke tempat netral

Selain itu, kata AFC melalui Twitter, Rabu, pemindahan itu juga karena sejumlah negara telah mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) untuk kunjungan ke Iran.

Pertandingan yang semula dijadwalkan Selasa, kata AFC, akan dipindahkan menjadi Sabtu ke Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, empat klub Iran yang berlaga di Liga Champions Asia, yakni Persepolis, Sepahan, Esteghlal, dan Shahr Khodro, kepada AFP Senin lalu juga mengancam bahwa mereka hanya mau tampil jika tetap bisa memainkan laga kandang mereka di Iran.

Menteri Olahraga dan Pemuda Iran, Masoud Soltanifar mengatakan kepada wartawan bahwa langkah itu "sepenuhnya bersifat politis dan tidak sportif" karena diambil berdasar alasan yang tidak benar, yakni kurangnya keamanan dan keselamatan rute udara ke Iran.

Langkah AFC juga telah memicu kemarahan di Iran. Seorang penggemar sepak bola muda di Teheran, Hojat Vafaee, menggambarkan keputusan itu sebagai "keputusan politik murni yang diambil di bawah tekanan beberapa negara Arab".

Dia meminta FIFA, badan pengatur sepak bola dunia, untuk campur tangan dan membela hak-hak Iran, dengan mengatakan presidennya, Gianni Infantino "ada di Teheran tahun lalu dan dia telah melihat suasana spektakuler dan aman stadion kami".


 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020