Dubes Donovan resmikan gedung bersejarah di kompleks Kedubes AS

Dubes Donovan resmikan gedung bersejarah di kompleks Kedubes AS

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan (tengah), bersama Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar (kiri), dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan), memotong pita sebagai simbol peresmian gedung bersejarah atau Heritage Building di kompleks Kedubes AS di Jakarta, Kamis (23/1/2020). ANTARA/Aria Cindyara/am.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan secara resmi membuka gedung bersejarah atau Heritage Building yang berada di dalam kompleks Kedutaan Besar AS di Jakarta,  Kamis pagi.

“Ini adalah momen yang unik, karena melihat gedung ini sekarang kita bagaikan melakukan kilas balik dan menyaksikan terbukanya tabir semangat demokrasi Indonesia,” kata Dubes Donovan dalam acara peresmian gedung tersebut.

Dia memaparkan bahwa, lebih dari 70 tahun yang lalu, satu kelompok delegasi yang dipilih oleh Presiden Soekarno ditempatkan dan bekerja di gedung bersejarah yang asli untuk menyiapkan konferensi meja bundar yang bersejarah di Den Haag, Belanda.

“Jerih payah mereka pada konferensi tersebut, dan juga upaya ribuan rakyat Indonesia di seluruh nusantara, membuka jalan untuk perjanjian yang menghasilkan serah terima kedaulatan ke Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Heritage Building ini menghormati perjuangan mereka sebagai pelopor demokrasi Indonesia,” jelasnya.

Gedung bersejarah yang terletak di dalam kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, itu disebut Donovan sebagai simbol semangat  persahabatan dan kemitraan Amerika Serikat dengan Indonesia dan masyarakatnya.

Heritage Building kini menjadi tempat pameran yang mengisahkan sejarah perjuangan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan kedaulatan serta peran AS dalam mendukung kemerdekaan Indonesia.

Berbagai catatan momen bersejarah termasuk Piagam Atlantik (The Atlantic Charter), Konferensi Meja Bundar, hingga model Kapal Angkut Tempur Kelas-Haskell milik Angkatan Laut AS, USS Renville (APA-277), ikut menjadi bagian dari pameran tersebut.

Benda-benda yang dipamerkan itu merupakan bagian dari upaya Kedubes AS membangun kembali gedung bersejarah itu dari hasil fitur-fitur arsitektur serta bahan-bahan bangunan asli yang berhasil diselamatkan dari terpaan waktu.

“Karena gedung ini adalah bagian dari kompleks Kedubes AS, kami memiliki tanggung jawab untuk melestarikan sejarah dan menjelaskan sejarah itu kepada setiap tamu kami,” kata Dubes Donovan.

Pihaknya pun berkomitmen untuk melestarikan sejarah tersebut untuk masa yang akan datang.

Acara peresmian Heritage Building dihadiri antara lain oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Gedung baru Kedutaan Amerika di Jakarta resmi dibuka

Baca juga: Kemlu RI-AS adakan program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors

Baca juga: Dubes AS gali potensi kerja sama di Natuna


 

Warga 7 Negara Islam Bisa Masuk Amerika Serikat

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar