Jambi (ANTARA) - Komisi I DPRD Provinsi Jambi melakukan studi banding ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk mencari informasi seputar penyelenggaraan peraturan daerah tentang inovasi pelayanan publik.

"Kunjungan ini untuk memperoleh informasi, referensi dan best practices pelaksanaan Peraturan Daerah No 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan di Provinsi Jawa Timur, yang mana pada tahun ini DPRD Provinsi sedang menyusun peraturan daerah yang sama," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara dalam siaran persnya, Kamis (23/1), terkait kunjungan Komisi I DPRD Provinsi Jambi ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur itu.

Tim dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara dan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi Hapis Hasbiallah serta seluruh anggota Komisi I. Hadir juga Kepala DPAD Provinsi Jambi, Syamsurizal.

Rombongan Komisi I diterima Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, Hasto Hendarto dan Pustakawan Ahli Utama, Sujono.

Ketua Komisi I Hapis Hasbillah dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa kondisi komparatif dilihat dari inovasi, kondisi demografi maupun ketersediaan anggaran, maka Provinsi Jawa Timur adalah rujukan yang tepat bagi Provinsi Jambi untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh tentang arah pengaturan, ruang lingkup dan mekanisme penyelenggaraan perpustakaan khususnya untuk mempercepat inovasi pelayanan perpustakaan di Provinsi Jambi.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyampaikan apresiasi dan penghargaan bagi DPRD Provinsi Jambi yang telah berkunjung ke Jawa Timur.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan bahwa Perda Perpustakaan yang ada di Jawa Timur juga merupakan inisiatif DPRD dan Perda ini menjadi saluran untuk membuka inovasi bagi penyelenggaraan perpustakaan, salah satunya adalah program Dongeng Keliling yang mendapat respons yang baik oleh masyarakat dan pada tahun 2020 akan di-launching drive thru untuk peminjaman buku yang memudahkan bagi masyarakat untuk dapat mengakses koleksi perpustakaan.

Pada kesempatan itu, rombongan Komisi I juga berkesempatan mengunjungi perpustakaan komunitas dan kelurahan yang ada di Kota Surabaya, yang merupakan binaan DPAD Jawa Timur, dengan memberdayakan masyarakat dan warga untuk menjadi sukarelawan perpustakaan untuk mengajak khususnya anak-anak untuk dapat hadir ke perpustakaan dengan konsep yang menarik dan ramah anak.

Baca juga: Gubernur Jambi apresiasi semangat dewan pertajam program pembangunan
Baca juga: Dewan: Mahasiswa jangan mudah terbawa kabar hoaks

 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2020