Denpasar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Bali menyiapkan stok obat antiviral untuk fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona baru, yang telah menimbulkan wabah di Kota Wuhan, China.

"Kita sudah siap sama obatnya, Tamiflu, dengan persediaan ada 5.000 untuk di Provinsi Bali. Jadi ini kita siap siagakan ketika ditemukan kekurangan di layanan kesehatan bisa kita tambahkan. Itu sebutannya stok cadangan untuk kasus Coronavirus," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada temuan kasus infeksi virus Corona di wilayah Provinsi Bali.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan sudah menginstruksikan seluruh fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kesiapsiagaan supaya bisa cepat melakukan penanganan kalau virus Corona baru sampai masuk ke wilayah Bali.

"Memang informasinya sudah masuk dari China ke Thailand, sementara di Bali ini tidak ada. Bali masih aman dan mudah-mudahan tidak masuk ke Bali. Kita sudah siagakan dengan mengaktifkan surveilansnya dan melakukan pengamatan terhadap penyakitnya," kata Ketut Suarjaya.

Pemerintah juga sudah menjalankan upaya-upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, antara lain dengan memantau kondisi penumpang yang datang dari luar negeri.

Alat pemindai suhu tubuh sudah dipasang di Terminal Kedatangan Internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk mendeteksi pendatang yang kemungkinan terinfeksi virus. Penumpang suhu tubuhnya melebihi rata-rata suhu normal akan diperiksa lebih lanjut.

"Kalau mengarah pada gejala infeksi paru akan dirujuk ke RSUP Sanglah untuk diisolasi dan melalui pemeriksaan laboratorium lebih lengkap," katanya.

Guna menghindari infeksi virus Corona, dia menganjurkan warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala seperti demam, batuk, dan sesak nafas.

Baca juga:
Bandara Bali antisipasi penyebaran virus Corona
KKP perketat pemeriksaan kesehatan di pelabuhan antisipasi Corona

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020