Payakumbuh, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Payakumbuh, Sumatera Barat meluncurkan tiga inovasi baru untuk memberikan kemudahan dan pelayanan lebih baik kepada masyarakat.

"Tiga inovasi yang diluncurkan yakni Pylon Sign (papan petunjuk), front office dan aplikasi Polisiku Polres Payakumbuh," kata Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan di Payakumbuh, Kamis.

Jika sebelumnya pada Pylon Sign hanya tertulis Polisi atau Polres melayani 24 jam. Tapi kali ini diubah dengan memasukkan seluruh jenis pelayanan dan akses aduan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sedangkan inovasi front office merupakan perpaduan antara konsep keamanan kantor dengan pelayanan kepada masyarakat. Dengan konsep ini, pihak kepolisian akan dapat mengatasi secara cepat dan baik ketika terdapat kejadian.

"Untuk pelayanan kepada masyarakat, dengan adanya front office ini seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik. Jadi setiap masyarakat yang datang akan kita antar ke tempat tujuan," sebutnya.

Terakhir, Polres Payakumbuh meresmikan aplikasi Polisiku berbasis android. Pada aplikasi ini banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya Panic Button.

"Ketika ada kejadian, masyarakat dapat menekan tombol ini. Setelah itu polisi akan menghubungi dan mengkonfirmasi kepada masyarakat yang menekan tombol tersebut. Bisa saja tertekan oleh anak atau bagaimananya," ujarnya.

Dengan adanya fitur ini, kata AKBP Dony, pihaknya ingin mendorong agar masyarakat dapat lebih peduli dengan lingkungan. Sebab, kemungkinan fitur ini akan lebih sering digunakan oleh lingkungan tempat kejadian.

"Misalnya ada kejadian, jarang sekali korban atau yang bersangkutan langsung melaporkan. Jadi ini bisa menumbuhkan rasa membantu sesama," sebutnya.

Pengaduan, pembuatan laporan kehilangan, permohonan pembuatan SIM, permohonan pembuatan SKCK, permohonan pengamanan, permohonan izin keramaian dan beberapa fitur lainnya.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menyebutkan inovasi yang dihadirkan oleh Polres Payakumbuh akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kehadiran inovasi ini akan memudahkan masyarakat dalam semua urusan yang bersentuhan dengan pihak kepolisian.

"Di Pemko kita juga telah menghadirkan MPP, tujuannya untuk mempermudah masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polres Payakumbuh bekuk pegawai LP pengedar sabu

Baca juga: Polres Payakumbuh ringkus sindikat hipnotis terhadap orang "lengah"

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020