Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro melantik 78 pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan kementerian tersebut.

"Dalam birokrasi tentunya harus siap menghadapi tugas dan tanggung jawab yang selalu berbeda dan di situlah kemampuan Anda beradaptasi akan diuji," kata Menristek Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Menristek Bambang saat memberikan pengarahan pada upacara pelantikan pejabat di Auditorium Bacharuddin Jusuf Habibie, Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Rabu (22/1).

Baca juga: Menristek: Indonesia punya kompetensi handal bidang digital

Baca juga: Menristek: Pemanfaatan TMC tunjukkan teknologi kurangi dampak bencana


Menristek Bambang mendorong agar semua pejabat cepat beradaptasi dan menjalankan tanggung jawab dengan penuh loyalitas kepada negara.

"Siapa yang tidak pernah berhenti belajar, siapa yang tidak pernah merasa gengsi untuk mendengar nasihat orang lain, itulah yang akan beradaptasi, bukan orang yang "keukeuh", dengan pendiriannya bahwa saya yang paling tahu atau saya yang paling pintar. Sekali kita mengatakan itu, itulah akhir dari karir kita sebenarnya," ujar Menristek Bambang.

Pengangkatan pejabat tersebut dilakukan dalam rangka mengisi jabatan yang kosong dampak dari peralihan penugasan pegawai sejalan dengan perubahan nomenklatur Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menjadi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN).

Kebijakan pengangkatan pejabat itu sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2019 tentang Kementerian Riset dan Teknologi serta Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Berikut adalah 78 pejabat Kemristek/BRIN yang dilantik oleh Menristek Bambang Brodjonegoro , antara lain:

1. Malikuz Zahar, M.Eng. sebagai Direktur Sistem Riset dan Pengembangan
2. Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. sebagai Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual
3. Dr. Ir. Lanjar sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi
4. Edi Mulyono, SE, MM sebagai Kepala Bagian Perencanaan Program dan Anggaran pada Biro Perencanaan
5. Dr. Ir. Hendro Wicaksono, M.Sc.Eng  sebagai Kepala Bagian Akuntabilitas dan Pelaporan pada Biro Perencanaan
6. Mochamad Panji Pujasakti, MT sebagai Kepala Bagian Jabatan Fungsional pada Biro Sumber Daya Manusia
7. Masluhin, ST  sebagai Kepala Bagian Komunikasi Publik pada Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
8. Hendra Wijaya, SE, ME  sebagai Kepala Bagian Rumah Tangga dan Barang Milik Negara pada Biro Keuangan dan Umum
9. Adhi Putranto, SE, MM  sebagai Kepala Bidang Program dan Kerjasama pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan
10. Galuh Endah Palupi, ST, MM sebagai Kepala Bidang Kerja Sama dan Bisnis Teknologi pada Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020