Perpustakaan Nasional katakan kegemaran membaca masyarakat meningkat

Perpustakaan Nasional katakan kegemaran membaca masyarakat meningkat

Penandatangan nota kesepahaman antara Perpusnas dan jurnalis Najwa Shihab di Jakarta, Kamis. (dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan kegemaran membaca masyarakat Indonesia mengalami peningkatan seiring meningkatnya perhatian masyarakat dan pemerintah daerah pada kegiatan literasi di daerah.

"Kami sungguh mengapresiasi atas semua kinerja Najwa Shibab sebagai Duta Baca Indonesia yang sangat banyak mengubah wajah pengembangan literasi di Indonesia saat ini. Perpusnas kini lebih banyak dikenal, salah satunya karena Najwa Shihab," ujar Kepala Perpustakaan Nasional dalam dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Kepala Perpustakaan Nasional bersama dengan jurnalis Najwa Shibab sebagai duta baca melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan perpanjangan sang presenter Program Mata Najwa itu sebagai Duta Baca Indonesia.

Dia berharap pada 2020, Duta Baca Indonesia kembali bisa membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru Nusantara, khususnya ke generasi muda.

Sejak 2016, Najwa Shibab dipercaya Perpusnas sebagai Duta Baca Indonesia. Program Duta Baca Indonesia sendiri adalah program unggulan dari Perpusnas yang bertujuan untuk membumikan kegemaran membaca masyarakat melalui percontohan tokoh publik.

Syarif Bando juga menyinggung tentang pentingnya literasi di generasi muda, karenanya esensi literasi sangat diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

"Inovasi-inovasi lahir dengan membaca, perbedaan petani mangga yang membaca dengan yang tidak membaca terlihat dari hasil panennya. Jika dalam sekali panen petani tersebut memanen banyak mangga, maka itu adalah petani yang membaca dan menemukan rekayasa genetika tanaman mangga dari buku yang dibacanya,” jelas Syarif Bando.

Baca juga: Kominfo nilai kemajuan internet tak disertai literasi yang baik

Jurnalis senior, Najwa Shihab, mengatakan dirinya sangat berkomitmen untuk membuat masyarakat Indonesia khususnya generasi muda lebih mencintai kegiatan membaca buku.

Baca juga: Kemampuan literasi rendah sebabkan anak sulit pahami soal matematika

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti, mengatakan pada 2019 duta baca sudah hadir dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta maupun di daerah.

Baca juga: Ilham Habibie minta masyarakat tingkatkan literasi teknologi

Setiap kegiatan yang melibatkan duta baca, selalu dihadiri oleh masyarakat dengan jumlah yang banyak. Hal itu mengindikasikan besarnya perhatian masyarakat terhadap duta baca.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar