Jakarta (ANTARA) - Liverpool berada di ambang keberhasilan menyamai rekor nirbobol yang mereka miliki di Liga Inggris dengan delapan pertandingan, jika berhasil menjaga kesucian gawang mereka dalam laga pekan ke-24 menghadapi Wolverhampton di Molineux, Kamis setempat (Jumat dini hari WIB).

Catatan terbaik The Reds adalah melewati delapan pertandingan nirbobol yang terjadi pada musim 2005/06, jumlah yang menempatkan mereka di peringkat ketiga rekor nirbobol Liga Premier bersama Chelsea (2006/07) dan Arsenal (1997/98).

Baca juga: Liverpool jadi klub "terbersih" di Eropa musim ini
Baca juga: Mbappe puji performa gemilang Liverpool, ibaratkan sebuah mesin


Kini tim besutan Juergen Klopp sudah melewati tujuh laga dengan catatan nirbobol di Liga Inggris sejak 7 Desember 2019. Terakhir kali gawang Liverpool kebobolan terjadi dalam Derby Merseyside tiga hari sebelumnya saat menang 5-2 yang berujung pemecatan Marco Silva dari Everton.

Lawan mereka nanti, Wolverhampton merupakan salah satu dari tujuh lawan yang dicegah mencetak gol ke gawang Liverpool dalam tujuh pertandingan terakhir, walaupun kala itu VAR harus ikut campur menganulir gol Pedro Neto untuk Wolves.

Jika di Molineux nanti Liverpool bisa menjaga catatan nirbobol, maka mereka akan menyamai rekor serupa pada 2005/06.

Di bawah mistar gawang Liverpool terdapat kiper terbaik di dunia saat ini, Alisson Becker, yang juga punya catatan gemilang berupa 28 kali nirbobol dalam 52 pertandingan di Liga Inggris atau dalam kata lain lebih dari separuh penampilannya di kasta tertinggi sepak bola Inggris ia sukses menghalau bola masuk ke gawangnya.

Catatan itu juga dihiasi sebuah assist yang ia bukukan saat mengirim umpan untuk gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United dalam kemenangan 2-0 akhir pekan lalu.

Baca juga: Klopp jelaskan aksi emosional Oxlade-Chamberlain saat lawan MU
Baca juga: Robertson pastikan Liverpool tetap fokus pada laga selanjutnya

Rekor nirbobol terbaik di Liga Premier saat ini dimiliki oleh Manchester United yang melakukannya pada musim 2008/09 dalam 14 pertandingan beruntun, ketika itu Setan Merah melenggang membukukan catatan juara triruntun.

Sedangkan rekor nirbobol terbanyak dalam semusim dicatatkan oleh Chelsea pada 2004/05, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 64 poin dan berpeluang kembali memperlebar jarak keunggulan menjadi 16 poin atas Manchester City (51), tentunya jika menang atas Wolverhampton di Molineux.

Baca juga: Klopp tegaskan tak ada yang keluar dalam bursa Januari
Baca juga: City kini lebih realistis setelah Liverpool makin sulit terkejar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020