Bank BJB Syariah targetkan kelola keuangan 5.000 umrah pada 2020

Bank BJB Syariah targetkan kelola keuangan 5.000 umrah pada 2020

Direktur Utama Bank BJB Syariah Indra Falatehan (tengah). (Antara/Ajat Sudrajat)

Potensi ekonomi syariah untuk tumbuh di Jawa Barat sangat besar karena adanya kesadaran masyarakat
Bandung (ANTARA) - Bank BJB Syariah menargetkan bisa mengelola keuangan sekitar 5.000 jemaah umrah selama  2020.

Target tersebut ditetapkan karena besarnya potensi jamaah umrah dan ditunjuknya kembali bank ini sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Alhamdulilah untuk tahun ini kami kembali ditunjuk menjadi BPS-BPIH oleh BPKH dan kalau mengacu tahun 2019. Program ini sukses melampaui target yang ditetapkan yakni kami berhasil memfasilitasi pembayaran biaya haji sekitar 2.300 jemaah. Sehingga tahun ini kami menargetkan 5.000 jemaah bisa kita ambil pendaftaran umrahnya melalui BJB Syariah," kata Direktur Utama Bank BJB Syariah Indra Falatehan, di Kota Bandung, Kamis.

Indra Falatehan mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya telah menjalin kerja sama dengan perusahaan travel haji dan umrah dan saat ini ada 17 perusahaan travel haji dan umrah yang telah menjalin kerja sama dengan Bank BJB Syariah.

Selain itu, lanjut dia, Bank BJB Syariah juga telah ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Umrah (BPS-BPIU) oleh Kementerian Agama.

Menurut dia, saat ini Jabar berada di peringkat pertama sebagai daerah dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di Indonesia dan satu alasan yang menjadikan sistem ekonomi berbasis syariah berpotensi besar untuk dapat tumbuh berkembang.

"Potensi ekonomi syariah untuk tumbuh di Jawa Barat sangat besar karena adanya kesadaran masyarakat," kata Indra Falatehan.

Meningkatnya tren haji dan umrah juga dipengaruhi oleh adanya experience spending.

Fenomena ini terbentuk akibat daya beli masyarakat yang semakin membaik dan meningkatnya minat ibadah serta gaya hidup Islami, terlebih angka pemberangkatan haji dan umrah di Jabar menunjukan grafis peningkatan di setiap tahunnya.

Namun Indra percaya bahwa prinsip ekonomi syariah tidak semata perihal mengikuti tren.

"Pada prinsipnya ada keberkahan ibadah dan ketenangan hati yang menjadi tujuan utama dari nilai-nilai syariah," ujar Indra.

Dalam realisasinya, Bank BJB Syariah menyediakan beragam produk dan layanan yang menunjang praktik ibadah haji umrah, salah satunya adalah aplikasi SISKOPATUH yang berperan sebagai media pembayaran biaya perjalanan dan asuransi.

SISKOPATUH adalah aplikasi milik Kementerian Agama yang berperan dalam mengawasi dan meningkatkan layanan umrah.

Baca juga: Dirjen PHU larang jamaah ikut umrah jasa dana talangan

Baca juga: Arab Saudi resmi cabut kebijakan visa progresif umrah


 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenang Aceh waspadai 40 travel umrah ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar