Jakarta (ANTARA) - "Semarak Perayaan Jakarta Imlekan" hadir di sejumlah ruang publik di Kota Jakarta, Kamis, memberikan hiburan gratis bagi para pekerja saat pulang kerja.

Pertunjukan seni berupa atraksi Dragon Dance, ondel-ondel, gambang kromong dan yanjidor tersebut tampil di dua lokasi sekaligus, yakni di Taman Dukuh Atas, Jakarta Selatan dan trotoar depan Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Para pekerja yang lalu-lalang di lokasi tersebut menyempatkan diri untuk berhenti sejenak dan melihat atraksi, ada yang sendirian, ada pula yang berkelompok dengan teman-teman kerjanya.

Penonton dadakan tersebut didominasi oleh pekerja yang baru pulang kerja karena pemilihan lokasi berada di pusat perkantoran Kota Jakarta.

Seperti di Taman Dukuh Atas, para pekerja yang hendak berjalan ke Stasiun Sudirman menyempatkan diri menonton pertunjukan seni tersebut sambil mengabadikan foto maupun video.

"Menghibur sekali, apalagi jam pulang kerja begini, seharian jenuh bekerja dapat hiburan pulangnya," kata Arif, pekerja di bilangan Sudirman.

Baca juga: Imlek, Dragon dan Ondel-ondel hibur warga di depan Grand Hyatt
Baca juga: Imlek 2571, pertama kali DKI fasilitasi kegiatan masyarakat Tionghoa


Tidak hanya pekerja kantoran yang menikmatinya, petugas PPSU Dinas Kebersihan yang bertugas di Taman Dukuh Atas ikut terhibur dengan tampilan Dragon Dance dan Ondel-ondel yang diiringi musik tanjidor.

"Biasanya kalau mau liat beginian kan ke Glodok dulu, tapi sekarang bisa liat di sini (taman)," kata Budi, petugas PPSU Kelurahan Setiabudi.

Walaupun dirinya tidak begitu fokus melihat hiburan tersebut karena "nyambi" bekerja, tetapi merasa terhibur dengan adanya musik tanjidor.

"Seru aja, tapi saya tetap fokus kerja, cuma jadi tontonan ramai aja," kata Budi.
Atraksi Dragon Dances dari Sanggar Nagar Merah Putih menghibur warga di trotoar depan Hotel Gran Hyatt Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis malam (23/1/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas, sekolah dan warga menyemarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di beberapa ruang publik Ibu Kota.

"Jakarta Imlekan" di trotoar depan Grand Hyatt menampilkan pertunjukan Dragon Dance yang dibawakan oleh Sanggar Naga Merah Putih dari Bogor, ondel-ondel Sanggar Irma Irama dari Bekasi dan Gambang Kromo Sanggar Sinar Pusaka dari Cibubur, Jakarta Timur.

Sedangkan di Taman Dukuh Atas, "Jakarta Imlekan" diisi oleh dua Dragon Dance dari dua sanggar berbeda, yakni Sanggar Naga Merah Putih dan Shelung dari Jakarta Timur. Lalu ondel-ondel dari Sanggar Irma Irama. Sedangkan musik diisi oleh kelompok musik tanjidor.

Selain memberikan hiburan bagi warga Jakarta dari berbagai etnis, Jakarta Imlekan menjadi sarana para seniman dan budayawan untuk tampil berkolaborasi secara dadakan.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan tahun ini Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi turut memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan suka cita.

"Kita berharap 'Semarak Perayaan Jakarta Imlekan' yang disuguhkan dapat dinikmati oleh warga sepulang kerja atau makan bersama keluarga dan kerabat di festival makanan khas Tionghoa," katanya.
Baca juga: Pengunjung Klenteng Sin Tek Bio meningkat jelang Imlek 2571

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020