Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 18 perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat akan menggelar seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri barat (SMM PTN-Barat) 2020.

"Terdapat tiga kampus tambahan yang baru ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2020 yakni Universitas Riau, Universitas Siliwangi, dan Universitas Singaperbangsa Karawang," kata Ketua Panitia SMM PTN-Barat 2020 Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng di Jakarta, Jumat.

Perguruan tinggi negeri penyelenggara SMM PTN-Barat 2020 lainnya meliputi Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Malikussaleh.

Selain itu ada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera, Universitas Riau, Universitas Siliwangi, dan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Proses SMM PTN-Barat 2020 meliputi ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

"Soal-soalnya setara dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)," kata Samsul.

Ia menjelaskan, selama ini seleksi jalur mandiri telah dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi dan telah berjalan dengan baik, namun bagi peserta penyelenggaraan itu belum menguntungkan, kurang fleksibel, dan kurang efisien karena bersifat lokal dan tidak memungkinkan peserta memilih perguruan tinggi lain.

Melalui penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2020, peserta seleksi bisa memilih program studi di beberapa perguruan tinggi yang diminati sebagaimana dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Biaya penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2020 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi yang dibayarkan peserta.

Pendaftaran SMM PTN-Barat bisa dilakukan secara daring mulai 2 Juni hingga 12 Juli 2020. Ujian tulisnya akan diselenggarakan 16 Juli 2020.

Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id.

Baca juga:
Masih banyak sekolah yang belum registrasi akun di laman SNMPTN
​​​​​​​
Pendaftar SNMPTN tak banyak bertambah jelang tenggat

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020