Jakarta (ANTARA) - Pemuncak klasemen Liga Jerman RB Leipzig akan berupaya meneruskan catatan positif saat dijamu Eintracht Frankfurt, saat kedua tim bertemu pada Sabtu (25/1) malam.

Leipzig belakangan ini sangat tajam. Mereka menjadi tim pertama di Liga Jerman dengan catatan mengemas tiga gol dalam sembilan pertandingan berturut-turut, termasuk saat ditahan imbang 3-3 tuan rumah Borussia Dortmund pertengahan Desember silam.

Di sisi lain, meski terperosok di peringkat ke-15 klasemen, Frankfurt tidak dapat dipandang sebelah mata. Mereka memulai tahun 2020 dengan kemenangan 2-1 di markas Hoffenheim, yang sekaligus mengakhiri rentetan tujuh laga puasa kemenangan.

Baca juga: Bayern rebut peringkat kedua setelah tundukkan Hertha

Frankfurt cukup sulit ditundukkan di kandang sendiri, dan jika mereka mampu mencegah Timo Werner dan kawan-kawan mengemas tiga gol, mereka berpeluang mengamankan satu poin.

Saat laga Frankfurt kontra Leipzig selesai, Bayern Munich baru akan memulai pertandingannya melawan salah satu musuh bebuyutan Schalke 04.

Baca juga: Hasil Liga Jerman: Leipzig kini unggul lima poin atas pesaing terdekat

Tiga poin jelas menjadi incaran tim peringkat kedua Bayern untuk terus menempel Leipzig. Pasukan Hansi Flick juga tengah berada dalam tren bagus, setelah kalah dari Borussia Moenchengladbach pada awal Desember, Bayern membukukan empat kemenangan berturut-turut di Liga Jerman.

Bayern tidak mengalami masalah cedera pemain serius. Robert Lewandowski telah pulih dari operasi hernia, Joshua Kimmich juga telah dapat kembali dimainkan setelah menjalani skors saat mereka menangi di markas Hertha Berlin. Pelatih Flick bahkan berpeluang memberikan debut kepada Alvaro Odriozola yang dipinjam dari Real Madrid.

Schalke memiliki rekor buruk di markas Bayern dalam beberapa tahun terakhir, namun setelah mengalahkan Gladbach dalam pertandingan terakhirnya, mereka berpeluang mendapatkan hasil positif di ibukota Bavaria.

Gladbach coba kembali ke jalur kemenangan

Gladbach yang sempat begitu digdaya di awal musim, gagal tampil konsisten dan saat ini tergelincir ke peringkat ketiga. Kesempatan untuk kembali ke jalur kemenangan terbuka lebar saat mereka menjamu tim papan bawah Mainz 05.

Mereka akan berharap dapat meraih kemenangan kandang pertama pada 2020 untuk terus menempel
Leipzig dan Bayern, namun Mainz bukan berarti mustahil menjadi batu sandungan.

Di atas kertas Mainz memang dapat dibekuk. Klub itu, bersama Werder Bremen, merupakan salah satu tim dengan catatan kemasukan terburuk. Total telah 41 gol bersarang di gawang mereka.

Baca juga: Gladbach gagal puncaki klasemen setelah dipecundangi Schalke

Namun seandainya Mainz dapat meraih hasil imbang pertamanya musim ini, hal itu akan menjadi pil yang sangat pahit bagi pasukan Marco Rose.

Duduk satu posisi di bawah Gladbach adalah Borussia Dortmund. Mereka akan memainkan laga pertama akhir pekan ini saat menjamu tim papan bawah FC Koln.

Kemenangan akan membawa Dortmund untuk sementara menggeser Gladbach dari peringkat ketiga, setidaknya selama 19 jam. Peluang itu semakin besar setelah penyerang baru Erling Haaland mengukir trigol dalam laga debutnya.

Sayangnya meski di atas kertas menjadi pertandingan mudah, Koln belakangan sedang bangkit dengan empat kemenangan beruntun. Mereka terlihat sangat ingin segera menjauhi zona degradasi.

Baca juga: Bayern mengamuk, menang 4-0 di markas Hertha

Berikut jadwal Liga Jerman pekan ke-19 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (25/1) dini hari
02.30 Borussia Dortmund vs FC Koln

Sabtu (25/1) malam hingga Minggu (26/1) dini hari
21.30 Union Berlin vs Augsburg
21.30 Borussia Moenchengladbach vs Mainz 05
21.30 Eintracht Frankfurt vs RB Leipzig
21.30 Freiburg vs Paderborn
21.30 Wolfsburg vs Hertha Berlin
00.30 Bayern Munich vs Schalke 04

Minggu (26/1) malam
21.30 Werder Bremen vs Hoffenheim
00.00 Bayer Leverkusen vs Fortuna Duesseldorf

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020