Cegah virus corona di pintu masuk batas negara wilayah Kalbar

Cegah virus corona di pintu masuk batas negara wilayah Kalbar

Virus Corona atau Novel Coronavirus (nCov) merupakan salah satu virus Corona jenis baru, Bandarlampung, Jumat 24/01/2020 (ANTARA/HO-Internet)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, wilayah kerja Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau saat ini sedang meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi penyebaran virus Ccrona dari Wuhan - China, di pintu masuk perbatasan Indonesia- Malaysia, Kecamatan Badau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
" Kami meningkatkan pengawasan terhadap alat angkut, orang dan barang dari negara terjangkit," kata Koordinator KKP Wilayah Kerja PLBN Badau, Farid Ayumi, dihubungi ANTARA, dari Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Baca juga: Pakar: Penanganan pasien terinfeksi corona sesuai kondisi klinis
 
Farid menjelaskan, pihaknya juga meningkatkan koordinasi dengan seluruh pihak seperti Imigrasi, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP),Bea Cukai, Karantina Pertanian, dan Karantina Ikan, di lingkungan pintu masuk negara PLBN Badau.
 
Menurut dia, apabila dijumpai pelaku perjalanan dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius disertai batuk, sesak, dan gejala pneumonia berat lainnya, maka segera dilakukan rujukan ke RS sesuai dengan ketentuan.
 
Selain itu kata Farid, pihaknya juga memberikan kartu kewaspadaan kesehatan kepada pelaku perjalanan yang berasal dari negara terjangkit.
 
" Kami juga memberikan data pelaku perjalanan yang datang kepada dinas kesehatan, untuk selanjutnya dilakukan pengawasan sebagai tatalaksana cegah dini," kata Farid.*

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor dilengkapi "Thermo Scanner" cegah virus corona
Baca juga: Gorontalo antisipasi virus corona masuk dari Manado
Baca juga: Antisipasi virus corona, KKP perketat pengawasan bandara di Sultra

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RS Hasan Sadikin Bandung tangani 3 suspek baru virus corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar