Bandara Syamsudin Noor terbuka untuk penerbangan rute internasional

Bandara Syamsudin Noor terbuka untuk penerbangan rute internasional

Suasana di gedung terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. (Antara/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan terbuka bagi maskapai untuk penerbangan rute internasional.

"Ada beberapa maskapai yang sudah melakukan penjajakan, prinsipnya kami terbuka bagi yang ingin membuka penerbangan internasional," terang Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Syamsudin Noor, Aditya Putra Patria di Banjarbaru, Jumat.

Diakui Adit, hingga kini baru AirAsia yang nampaknya cukup serius ingin membuka penerbangan internasional dengan rute direct flight Banjarmasin ke Malaysia.

Hal itu didasarkan potensi rute tersebut cukup potensial peminatnya. Dikarenakan banyak warga Malaysia keturunan Banjar tinggal di Negeri Jiran.

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor dilengkapi "Thermo Scanner" cegah virus corona

Begitu juga sebaliknya, masyarakat Kalimantan Selatan punya minat tinggi untuk jalan-jalan ke Malaysia yang notabene negara paling dekat dari Indonesia jika dari Pulau "Borneo" Kalimantan.

"Kami juga berbincang dengan masyarakat di Kalsel, ternyata banyak yang ingin pergi jalan-jalan ke Malaysia. Apalagi jika ada penerbangan langsung tentu mungkin harga tiketnya bisa lebih terjangkau dari sekarang yang harus transit Jakarta," jelas Adit.

Namun begitu, tambah Adit, semua keputusan diserahkan kembali ke maskapai yang melihat dari segala aspek sebagai bahan pertimbangan apakah suatu rute internasional bisa dibuka atau tidak pada Bandara Internasional Syamsudin Noor yang kini sudah memiliki gedung terminal baru nan megah.

Baca juga: Pemerintah maksimalkan konektivitas angkutan ke Bandara Syamsudin Noor

Diketahui jika gedung baru terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada 18 Desember 2019 lalu.

Presiden berharap keberadaan bandara besar dengan taraf internasional dapat menjadi "trigger" atau pemicu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalimantan Selatan.

Salah satunya sektor pariwisata yang perlu terus ditingkatkan agar semakin banyak kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Bumi Lambung Mangkurat, sehingga secara otomatis berdampak pula pada pertumbuhan penumpang di bandara.

Pewarta: Firman
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar