Antisipasi banjir, Brimob Polda Metro singkirkan sampah dari Ciliwung

Antisipasi banjir, Brimob Polda Metro singkirkan sampah dari Ciliwung

Dansatbrimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Deonijiu De Fatima (tengah) dan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi (kanan) turun ke Kali Ciliwung, Jakarta, menyingkirkan sampah dari sungai tersebut, Jumat (24/1/2020). ANTARA/Anita Permata Dewi

Harapannya, kegiatan ini bisa menginspirasi munculnya kesadaran pengelolaan lingkungan di sekitar kita
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Brimob Polda Metro Jaya membersihkan Kali Ciliwung Jakarta dari berbagai sampah untuk mengantisipasi banjir, Jumat.

Dengan menggunakan 10 perahu karet, sekitar 150 anggota Brimob menyusuri Kali Ciliwung dipimpin Dansatbrimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Deonijiu De Fatima.

"Satbrimob Polda Metro Jaya melaksanakan kegiatan pembersihan kali dan penanaman pohon. Kegiatan ini bukan oleh Satbrimob saja, melainkan melibatkan banyak pihak, ada kapolres, danramil, wakil camat, instansi terkait dan masyarakat," kata Deonijiu De Fatima di Jakarta, Jumat.

Pembersihan sungai dimulai dari Kampung Bidara Cina II Cawang hingga Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Karena kawasan ini sering mengalami banjir saat hujan turun sehingga kami berusaha membersihkan sampah-sampah dari hulu yang nyangkut di kali yang mengakibatkan banjir kalau hujan," katanya.

Meski saat kegiatan pembersihan berlangsung, hujan turun cukup lebat, hal itu tak menyurutkan langkah Deonijiu bersama Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi ikut bersama jajaran Brimob membersihkan sepanjang Kali Ciliwung dari sampah.

Seragam keduanya pun basah karena hujan dan terkena derasnya arus sungai.

Baca juga: Dampak banjir, volume sampah di Pintu Air Karet naik enam kali lipat

Pembersihan Kali Ciliwung dari sampah merupakan upaya Satbrimob Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi banjir di Jakarta.

"Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Aman Nusa II bertujuan untuk membantu Pemerintah DKI Jakarta mengatasi banjir di Ibu Kota," katanya.

Pihaknya juga menanam pohon di Bantaran Kali Ciliwung.

"Ada 1.000 bibit pohon yang disiapkan," katanya.
 
Dansatbrimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Deonijiu De Fatima (tengah) menanam bibit pohon di Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Jumat (24/1/2020). ANTARA/Anita Permata Dewi


Pada awal Januari 2020, sebagian wilayah di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi banjir, sedangkan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat terjadi tanah longsor.

Untuk itu, Polri bersama instansi lain terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam mengingat musim hujan masih akan terjadi hingga Februari 2020. Salah satu upaya dilakukan untuk mencegah bencana alam, yakni penghijauan dan pembersihan sungai.
​​​
Pihaknya berharap, kegiatan itu bisa dilakukan secara berkelanjutan dan menginspirasi para pemangku kepentingan lainnya ikut serta peduli terhadap lingkungan.

"Harapannya, kegiatan ini bisa menginspirasi munculnya kesadaran pengelolaan lingkungan di sekitar kita," katanya.

Baca juga: Kali Pasar Baru meluap, Jalan Sutomo kebanjiran
Baca juga: 100 karung sampah Kali Ciliwung di Bogor diangkat tim gabungan
Baca juga: Komunitas lingkungan Depok kibarkan bendera di Sungai Ciliwung

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar