Antisipasi penyebaran virus, Menhub tutup penerbangan rute Wuhan

Antisipasi penyebaran virus, Menhub tutup penerbangan rute Wuhan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Jumat (10/1/2020). ANTARA/Aji Cakti/aa.

Kita minta beberapa penerbangan untuk tidak terbang ke Wuhan karena ada beberapa, ada Lion, Citilink (yang terbang ke Wuhan)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk sementara waktu pemerintah akan menutup penerbangan rute Wuhan, China, guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Budi yang ditemui di Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat, mengatakan telah meminta sejumlah maskapai untuk tidak terbang ke Wuhan, kota di mana virus itu mulai mewabah.

"Kita minta beberapa penerbangan untuk tidak terbang ke Wuhan karena ada beberapa, ada Lion, Citilink (yang terbang ke Wuhan). Sementara ini kita menutup penerbangan ke sana," katanya.

Baca juga: Badan Karantina Pertanian bahas langkah antisipatif virus corona

Meski tidak ada peringatan perjalanan (travel warning) resmi karena kejadian tersebut, Budi menyebut secara langsung pemerintah telah menyampaikan penutupan rute Wuhan kepada maskapai.

"Secara langsung kita sudah sampaikan ke operator," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melaksanakan pengawasan ketat berkenaan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri guna mencegah penularan virus corona baru yang telah menimbulkan wabah di Kota Wuhan, China.

Baca juga: MPR: Pemerintah keluarkan "travel warning" ke kota asal virus Corona

Kepala Negara mengatakan bahwa hingga Jumat siang, belum ada warga negara Indonesia yang dijangkiti virus corona, yang penyebarannya menimbulkan keprihatinan global karena telah menyebabkan 830 orang terinfeksi dan 26 orang meninggal dunia.

Hingga saat ini pemerintah Republik Indonesia belum mengeluarkan peringatan perjalanan atau travel warning menuju China terkait virus corona.

Baca juga: Lion Air antisipasi Virus Corona di rute Wuhan dan Kuala Lumpur
Baca juga: Pemprov Bali imbau industri pariwisata tak resah terkait virus corona


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Evakuasi WNI kru Kapal Diamond Princess , perlu kajian mendalam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar