Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan pengecekan pengamanan sejumlah vihara di Kota Medan, dalam rangka perayaan Imlek 2571 tahun 2020, Sabtu (25/1).

Pemantauan di Kota Medan, Jumat sekira pukul 22.00 WIB, vihara yang dikunjungi itu, yakni Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol, Vihara Setia Budi Jalan Irian Barat, dan Maha Vihara Maitreya di Perumahan Cemara Asri.

Vihara yang pertama dikunjungi Forkopimda Provinsi Sumut adalah Vihara Borobudur, kedua Vihara Setia Budi, dan ketiga Maha Vihara Maitreya Cemara Asri.

Dalam pengecekan di Vihara Setia Budi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga didampingi Ketua DPD Walubi Sumut dr Indra Wahidin, beserta sejumlah Bhiksu.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2.473 personel dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2571 tahun 2020

"Nantinya, para personel akan melakukan pengamanan dan pengawasan di vihara-vihara selama prosesi ibadah," Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Jumat.

Ia menegaskan kepada seluruh Polres dan jajarannya untuk tanggap dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas guna memberikan rasa aman kepada umat Budha yang melaksanakan perayaan Imlek.

"Lakukan pendataan vihara dan tempat-tempat yang akan dijadikan Perayaan Imlek. Kemudian melakukan pengamanan baik berpakaian dinas maupun pakaian bebas," ujarnya.

Ia berharap, perayaan Imlek di Sumatera Utara dapat berjalan lancar, aman, dan tanpa gangguan.

"Semoga dengan pengamanan ekstra ketat ini, perayaan Imlek di Sumut berjalan aman tanpa gangguan," ujarnya.

Baca juga: Hujan di malam Imlek di Pontianak diharapkan membawa berkah

Baca juga: H-1 Imlek, penumpang pelabuhan SBP Tanjungpinang naik dua kali lipat

Baca juga: Jelang Imlek, Surya Paloh kunjungi klenteng di Makasar

Baca juga: Warga Tionghoa ramaikan Imlek dengan berkumpul dan makan bersama

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020