Makassar (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menyebutkan seorang kepala daerah harus memiliki pemikiran yang visioner dalam melakukan pembangunan di daerahnya.

"Seorang figur apakah itu kapasitasnya sebagai gubernur, bupati, dan wali kota tetap harus visioner. Memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Itu penting dan ada cita rasa yang terbangun. Kalau cita rasanya pendek-pendek, maka kita susah membangun kota yang indah," kata Surya Paloh saat jalan pagi di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Menurut Surya, bila kepala daerah tidak memiliki pemikiran yang jauh ke depan dalam pengembangan kota, maka akan sulit membangun kota yang indah seperti diinginkan warganya.

Ia menilai ada banyak potensi daerah yang seharusnya bisa lebih dikembangkan, seperti halnya Pantai Losari ini.

"Jika ditata lebih baik maka bisa lebih memberikan perspektif kenyamanan dan kebanggaan bagi warganya," ujarnya.

Dirinya pun mengkritik keadaan Pantai Losari yang kurang tertata dengan baik seperti kurangnya penghijauan dan trotoar yang buruk. Menurut Surya, pemerintah daerah Makassar bisa mencontoh upaya pembangunan di DKI Jakarta.

"Penghijauan sudah pasti. Trotoar kualitas yang paling jelek menurut saya. Contoh aja sekarang Jakarta memiliki kualitas trotoar yang lebih baik. Sama dengan Singapura. Jiplak saja ku bilang," ujar Surya.

Surya Paloh pun terpukau dengan berdirinya Masjid di kawasan Pantai Losari. Masjid dengan 99 kubah itu berdiri kokoh di tengah pantai.

"Saya cukup impresif dan saya pikir ini menjadi salah satu ikon di Makassar," kata Surya.

Dia pun meminta Fraksi Partai NasDem yang berada di DPRD untuk menyelesaikan pembangunan masjid itu agar bisa segera digunakan oleh masyarakat.

Surya menilai peluang pengembangan Makassar terbuka lebar, terlebih Kota Makassar memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang baik.

Surya pun menyarankan Pemda Makassar tak sungkan studi banding, tetapi studi tersebut harus menghasilkan sesuatu yang nyata.

Seluruh jajaran Pemda Makassar diminta berani menggunakan otoritasnya. Bahkan Surya mengimbau masyarakat diajak berkolaborasi untuk pembangunan jangka panjang.

Kunjungan Surya Paloh ke Makassar kali ini dalam rangkaian agenda Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Partai NasDem se-Indonesia menyambut Pilkada serentak 2020.

Sebelumnya, Surya Paloh juga menggelar silaturahmi dengan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur.

Baca juga: Mendagri: DP4 Pilkada 105 juta jiwa

Baca juga: KPU dorong Kemendagri rampungkan rekam-cetak KTP-e sebelum pilkada

Baca juga: Pendaftar PPK KPU Makassar sudah mencapai 1.149 orang

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020