Puluhan polisi jaga ketat Wihara Borobudur di Medan

Puluhan polisi jaga ketat Wihara Borobudur di Medan

Ratusan ummat beragama Budha melaksanakan ritual keagamaan pada perayaan Imlek 2571 Tahun 2020 di Wihara Borobudur Medan. (ANTARA/Munawar)

Medan (ANTARA) - Puluhan polisi dari Polrestabes Medan menjaga ketat Wihara Borobudur di Jalan Imam Bonjol pada kegiatan perayaan Imlek 2571 Tahun 2020.

Pemantauan di Medan, Sabtu siang, kegiatan Hari Raya Imlek di Wihara Borobudur tersebut, cukup ramai dihadiri oleh pemeluk agama Budha.

Baca juga: Imlek, wisatawan dan umat Konghucu berbaur di Klenteng Petak Sembilan

Baca juga: Polresta Sidoarjo sterilisasi klenteng saat Imlek


Baca juga: Para artis rayakan Imlek tahun ini, makan-makan hingga pulang kampung

Setiap tamu-tamu yang akan memasuki komplek Wihara Borobudur diperiksa tas mereka oleh personel Brimob Polda Sumut.

Kemudian, sejumlah remaja putra-putri memberikan beberapa batang dupa atau "hio", dalam keadaan sudah dibakar kepada tamu yang akan melaksanakan ritual keagamaan dalam merayakan Hari Raya Imlek tersebut.

Kendaraan roda dua dan roda empat cukup ramai parkir di Jalan Imam Bonjol Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Sejumlah petugas Satlantas dari Polrestabes Medan, kelihatan turun tangan dan sibuk mengatur arus lalu lintas di Jalan Imam Bonjol Medan, agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu perayaan Imlek di Wihara itu.

Bahkan, di depan Wihara Borobudur itu, dan di atas trotoar didirikan Pos Pam Imlek Polsek Medan Baru.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan telah melakukan pengecekan pengamanan tiga wihara pada perayaan malam Imlek 2571 Tahun 2020, di Kota Medan, Provinsi Sumut.

"Ketiga wihara yang dikunjungi itu, yakni Wihara Borobudur Jalan Imam Bonjol, Wihara Setia Budi Jalan Irian Barat, dan Maha Wihara Maetreya di Komplek Cemara Asri," ujar Martuani di Medan, Jumat malam (24/1) usai mengecek ketiga wihara tersebut.

Ia berharap, pada perayaan malam Imlek di wilayah hukum Sumatera Utara (Sumut) berlangsung aman, tertib dan nyaman.

"Pada pengamanan perayaan Imlek itu, juga BKO Polrestabes Medan, Polres Belawan, Polres Langkat, Polres Labuhanbatu, dan Polres Asahan," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Dalam pengecekan ketiga wihara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah dan Ketua DPD Walubi Sumut dr.Indra Wahidin, beserta sejumlah Bhiksu.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2.473 personel dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2571 Tahun 2020.

Sebanyak 728 personel gabungan akan mengamankan perayaan Imlek di Kota Medan. Personel gabungan itu termasuk TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan OKP.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar