Jakarta (ANTARA) - Petenis Spanyol Rafa Nadal mengalahkan petenis senegaranya Pablo Carreno Busta 6-1, 6-2, 6-4 untuk melangkah ke putaran keempat turnamen tenis Australia Open di Melbourne, Sabtu.

Petenis unggulan teratas tersebut tidak pernah mendapat ancaman kehilangan angka dari servisnya dan melepaskan 42 winner serta hanya melakukan tujuh unforced error dalam kemenangan beruntun kelimanya atas lawannya yang menempati peringkat 30 Carreno Busta.

Baca juga: Nadal kembali beraksi setelah menikah

Kemenangan tersebut juga memperbesar kemenangan Nadal atas para pemain Spanyol menjadi 17 pertandingan beruntun.

Petenis Spanyol tersebut tidak pernah menelan kekalahan saat bertanding melawan para petenis senegaranya, sejak dikalahkan oleh Fernando Verdasco di Melbourne Park pada 2016.

Baca juga: Djokovic nyatakan tak ada favorit juara di Australia Open 2020

“Sejauh ini, ini merupakan pertandingan terbaik saya di turnamen ini, tanpa keraguan,” kata Nadal kepada para pewarta seperti dilaporkan Reuters.

“Saya melakukan servis bagus, mulai menciptakan kerusakan dengan forehand. Memukul servis pada satu tembakan saya pikir,” kata Nadal.

Carreno Busta tidak pernah terlihat mengancam servis Nadal, hanya memenangi 10 angka dalam pengembalian servis dalam pertandingan yang berlangsung selama 98 menit.

Baca juga: Atasi perlawanan Zidansek, Serena ke putaran ketiga Australia Open

Nadal yang sedang mengincar penyamaan rekor meraih 20 gelar Grand Slam, memastikan kemenangan pertandingan itu saat backhand Carreno Busta mendarat di net.

Pada pertandingan selanjutnya, Nadal akan menghadapi petenis Australia Nick Kyrgios atau petenis unggulan ke-16 asal Rusia Karen Khachanov untuk memperebutkan satu tempat perempat final.

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020