Jakarta (ANTARA) - Barcelona tampil dominan tapi gagal menghasilkan apapun dan malah tersungkur menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Valencia dalam laga pekan ke-21 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu.

Dominasi hampir 73 persen penguasaan bola sepanjang laga tak mampu dikonversi menjadi satu gol pun oleh Barcelona, yang kalah akibat gol bunuh diri Jordi Alba disusul tembakan melengkung Maxi Gomez.

Hasil itu jadi kekalahan pertama Barcelona di bawah asuhan nakhoda baru Quique Setien dan akibatnya posisi mereka di puncak klasemen terancam digusur oleh Real Madrid yang baru main pada Minggu setempat (Senin WIB). Barcelona dan Real Madrid sama-sama memiliki 43 poin dan hanya dipisahkan agresivitas gol.

Sedangkan bagi Valencia kemenangan itu mengangkat posisi mereka ke lima besar klasemen dengan raihan 34 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Baru sebentar latih Barca, Setien akui tidak senang dengan timnya

Kendati banyak menguasai bola, gawang Barcelona lebih kerap diancam oleh para pemain Valencia sepanjang babak pertama dan Las Blaugranas harus bersyukur punya kiper sekelas Marc-Andre ter Stegen berjaga di bawah mistar gawang mereka.

Ter Stegen bahkan mementahkan eksekusi penalti Gomez pada menit ke-12 setelah Gerard Pique menghadiahi tuan rumah dengan pelanggaran terhadap Jose Gaya di dalam area terlarang.

Kiper asal Jerman itu juga melakukan empat penyelamatan gemilang lain untuk memastikan gawang Barcelona masih suci hingga babak pertama berakhir.

Namun, tiga menit setelah sepak lanjut babak kedua Ter Stegen tak berdaya lantaran bola tembakan Gomez lebih dulu membentur Alba dan arahnya berbelok mengecoh sebelum bersarang ke dalam gawang.

Baca juga: Valencia loncat ke urutan enam setelah taklukkan Eibar 1-0

Ketertinggalan membuat Barcelona lebih banyak berusaha menyelesaikan serangan mereka dengan baik dan Lionel Messi hampir menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas khasnya, tetapi kiper Jaume Domenech cermat membaca arah bola untuk menepisnya pada menit ke-74.

Tiga menit kemudian, justru Valencia berhasil menggandakan keunggulan lewat gol "kedua" Gomez. Berawal dari aksi Ferran Torres memperdaya Samuel Umtiti, bola dikirimkan menjadi umpan terobosan yang kemudian diselesaikan Gomez dengan tembakan melengkung tak terjangkau Ter Stegen.

Barcelona berusaha bangkit, tetapi tendangan bebas Messi melambung dan peluang lain yang dimilikinya pada injury time berhasil dijinakkan Domenech. Valencia menang 2-0.

Baca juga: Presiden La Liga kritik keras format baru Piala Dunia Klub
Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Barcelona ke puncak lagi berkat Messi


Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Ferran Torres, Francis Coquelin, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler (Sobrino); Kevin Gameiro (Rodrigo Moreno), Maxi Gomez (Jaume Costa)
Pelatih: Albert Celades

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergio Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Ivan Rakitic); Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ansu Fati (Alex Collado)
Pelatih: Quique Setien

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020