Kegiatan membersihan lingkungan sekolah itu tidak hanya melibatkan para pelajar SMPN 1 Memberamo Tengah namun guru-guru pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI AD dari Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) 755/Yalet/20/3 Kostrad mengajak dan mengajarkan para pelajar SMPN 1 Mamberamo Raya, Provinsi Papua untuk peduli dengan aksi membersihkan lingkungan sekolah.

"SMPN I Mamberamo Raya ini terletak di Kampung Kasonaweja, Distrik Memberamo Tengah, Kabupaten Memberamo Raya," kata Dansatgas dan Yonif 755 yalet 203 Kostrad Letkol (Inf) Dodi Nur Hidayat ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu.

Kebersihan lingkungan, kata dia, merupakan hal yang penting, sehingga perlu digaungkan dan diajarkan agar para pelajar bisa membersihkan lingkungannya sebagai tempat belajar atau menimba ilmu.

"Apa lagi kita tahu saat ini sudah masuk pada semester baru bagi anak sekolah sehingga kebersihan lingkungan akan menjadi hal yang dapat mendukung proses belajar mengajar di sekolah," katanya.

"Kami mengharapkan adik-adik kita dapat belajar dengan maksimal. Kemudian sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk peduli terhadap keamanan dan juga lingkungan sehingga mereka dapat belajar dengan maksimal untuk meraih cita-cita mereka nanti," katanya.

Kegiatan membersihan lingkungan sekolah itu tidak hanya melibatkan para pelajar SMPN 1 Memberamo Tengah namun guru-guru pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan itu dipimpin oleh Danpos Kasonaweja Letda (Inf) Manurung yang juga memberikan motivasi dan semangat kepada para pelajar untuk meraih masa depan.

Wakil kepala Sekolah SMPN 1 Mamberamo Tengah Welem menyampaikan terima kasih kepada personel Satgas Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad yang telah memprakarsai kegiatan bersih lingkungan.

"Kami sampaikan terima kasih sekali kepada bapak-bapak TNI yang sudah mau mengajarkan arti pentingnya lingkungan kepada siswa dan siswi kami," demikian Welem.

Baca juga: Peneliti temukan alat tulang prasejarah di Mamberamo

Baca juga: Prajurit TNI mengajar baca tulis di SD perbatasan Papua

Baca juga: Tarian Asmat dan Walak Mamberamo Meriahkan FDS

Baca juga: Pendidikan perwira TNI tersedia untuk 29 putra Papua

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020