Makassar (ANTARA) - Partai NasDem mengeluarkan surat keputusan rekomendasi untuk mengusung lima bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di kabupaten/kota untuk maju di pilkada wilayah Sulawesi Selatan pada tahun ini.

Pemberian SK itu langsung dipimpin oleh Ketum NasDem Surya Paloh, Sekjen Johnny G. Plate, dan Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasesu di sela-sela Rapat Konsolidasi DPW Sulsel, Makassar, Ahad.

Mereka yang diberi SK rekomendasi, yaitu Yosia Ronti-Yonatan (Pilkada Kabupaten Toraja Utara), Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Kabupten Tana Toraja), Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Kabupaten Soppeng), Armil Mattotorang-Ilham Najamuddin (Kabupaten Maros), dan Suardi-Berian SK (Kabupaten Barru).

Baca juga: Surya Paloh tegaskan kemenangan pilkada dipertahankan

Sementara untuk wilayah Kota Makassar, DPP Partai NasDem belum mengeluarkan surat rekomendasi calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2020.

Sejumlah pendukung bakal calon kepala daerah Kota Makassar pun meneriakkan dukungan kepada Danny Pamanto ketika Surya Paloh memberikan sambutannya.

Surya Paloh pun menyebutkan ada dua hal apakah permintaan (pendukung) dilakukan secara tulus atau permintaan dari Danny Pamanto.

"Jadi, rupanya Bapak Danny Pamanto punya pengikut luar bisa di Makassar. Saya bilang kepada Pak Danny, mungkin kami lihat dalam waktu dekat, kami akan segera proses. Akan tetapi, dengan catatan, tidak boleh kalah," katanya.
 
Ketua DPW NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse Mappasesu saat memberikan keterangan pers di Kota Makassar, Ahad (26-1-2020). ANTARA/Syaiful Hakim



Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasesu menyebutkan kelima rekomendasi itu yang telah selesai pembahasannya di DPP, sementara untuk Kota Makassar masih dalam proses.

"Makassar kalau sudah selesai pembahasan di DPP, akan kami serahkan," kata Rusdi.

Menurut dia, terbuka peluang untuk siapa saja untuk diusung NasDem sehingga tidak hanya petahana yang diuntungkan.

Baca juga: NasDem siap rekomendasikan Machfud Arifin bakal cawali Surabaya

Saat ini Danny Pamanto salah satu kandidat kuat calon Wali Kota Makassar.

"Semua terbuka. Nanti DPP yang memutuskan," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020