sekarang sudah mau keliling kandang
Pesisir Barat, Lampung (ANTARA) - Dokter hewan TWNC sekaligus koordinator proses translokasi harimau dari BKSDA Sumatera Selatan ke Kawasan Pelestarian Alam Satwa Liar Tambling, Sadmoko Kusumo, mengatakan bahwa kondisi harimau yang dipindahkan tersebut sudah mulai membaik.

"Sudah mulai ada perubahan sekarang, sudah mau makan ayam satu ekor yang disuntik vitamin, sudah mau bergerak, dan keliling kandang," katanya, di Pesisir Barat, Lampung, Minggu.


Menurut dia, dengan memakan daging ayam sampai 3-4 ekor per harinya dan memulai aktivitas lainnya seperti keliling di dalam kandang dan berpindah-pindah tempat, maka menunjukkan perkembangan yang lebih baik dibanding saat pertama kali datang.

Baca juga: Walhi: Eksploitasi hutan berlebihan paksa harimau keluar dari habitat
Baca juga: Harimau sumatera dari Muara Enim jalani rehabilitasi di TWNC


"Ketika itu harimau tidak ada pergerakan apa-apa, dan sekarang sudah mau keliling kandang, serta berpindah tempat," katanya.

Ia mengaku, sudah menyiapkan pakan hidup seperti babi, tetapi sampai sekarang belum dimakan, malahan terus bersanding. "Sedangkan untuk makannya kami siapkan ayam potong 4-5 kilogram per harinya atau lebih," katanya

Moko menjelaskan bahwa kondisi seperti ini lumrah terjadi karena harimau yang dipindahkan dengan jarak yang cukup jauh umumnya stres.

"Bahkan sampai saat ini masih stres, hanya sudah berangsur-angsur berkurang," katanya

Baca juga: Masih perlu diobservasi, Harimau sumatera ditranslokasi ke Lampung
Baca juga: BKSDA Sumsel catat 23 kali manusia berkonflik dengan harimau


Menurut dia, kemungkinan juga harimau telah stres sebelum penangkapan di mana harus bersaing di alam dengan hewan yang lain.

"Harimau yang mengalami pindah ke tempat yang lain, masuk kandang angkut kemudian perjalanan, itu juga berpengaruh pada tingkat stresnya," katanya.

Dokter hewan TWNC ini menjelaskan bahwa harimau harus dalam kondisi tenang, aman dan nyaman setelah itu baru siap dikembalikan ke habitat aslinya.

Baca juga: Harimau yang masuk perangkap di Muara Enim dievakuasi ke Lampung
Baca juga: Penyerahan harimau dari BKSDA Sumsel diapresiasi Gubernur Lampung
Baca juga: BKSDA cek harimau yang masuk ke perangkap di Muara Enim

Pewarta: Hisar Sitanggang/Emir Fajar Saputra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020