Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis tunggal putra Taufik Hidayat mengundurkan diri dari turnamen Final Super Series yang akan digelar di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia pada 18-21 Desember dan berhadiah total 500 ribu dolar AS, demikian situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Kamis.

"Saya tidak jadi berangkat karena cedera pinggang saya kambuh lagi hari Senin kemarin waktu latihan," ujar Taufik yang dihubungi melalui telepon.

"Sayang sekali karena momen ini yang ditunggu-tunggu, makanya saya ke China dan Hong Kong Super Series supaya bisa ikut turnamen ini," sesal Taufik yang bersama Sony Dwi Kuncoro adalah dua tunggal putra Indonesia yang lolos ke turnamen tutup tahun tersebut.

Selain Taufik, beberapa pemain yang menarik diri dari kejuaraan yang baru pertamakali digelar itu antara lain juara Olimpiade ganda campuran asal Korea Lee Hyo Jung/Lee Yong Dae, juara dunia 2003 asal Denmark Lars Paaske/Jonas Rasmussen dan semifinalis Olimpiade asal Jepang Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.

Selain itu, China juga telah menarik seluruh pemainnya dari turnamen tersebut dengan jadwal yang padat, risiko cedera dan pemusatan latihan dalam tiga bulan ke depan menjadi alasan pengunduran diri mereka.

Di antara pemain China yang batal tampil adalah juara Olimpiade Lin Dan, pasangan Fu Haifeng/Cai Yun, Juara dunia Zhu Lin dan Lu Lan.

"Kami kecewa bahwa sejumlah pemain top tidak akan main dalam event pertama ini. Akan tetapi kami masih punya pemain kelas dunia termasuk Lee Chong Wei, Peter Gade, Markis Kido/Hendra Setiawan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, Tine Rasmussen dan Zhou Mi untuk dilihat," ujar Sekjen BWF Stuart Borrie.

Absennya sejumlah pemain tersebut membuat dua ganda Indonesia maju sebagai pengganti, yakni pasangan Jo Novita/Greysia Polii untuk ganda putri dan Flandy Limpele/Vita Marissa pada ganda campuran. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008