Pontianak (ANTARA) - PLN Kalbar melalui Yayasan Baitul Maal (YBM)melaksanakan kegiatan pengobatan gratis dan peluncuran Program Motor Ambulance untuk bidan pedalaman.

"Program bidan pedalaman sendiri merupakan salah satu program unggulan PLN pada pilar kesehatan. Kita baru saja meluncurkan dan memberikan motor ambulance kepada bidan pedalaman di Kecamatan Marau, Ketapang," kata Senior Manager SDM & Umum PLN UIW Kalimantan Barat, Ordaia Arqam Nja’ Oemar, di Pontianak, Senin.

Ordaia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap kesehatan masyarakat pedalaman tentunya melalui bantuan YBM PLN di bidang kesehatan.

"Program bantuan ini diharapkan dapat meringankan tugas para bidan dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan mudah bagi masyarakat," kata dia

Baca juga: DPRD Cianjur janji kawal pembangunan jalan dari dana CSR PLN
Baca juga: 1.000 keluarga di Jepara peroleh sambungan listrik gratis


Di samping itu, dana yang dihimpun dari zakat 2,5 persen pegawai Muslim PLN ini juga disalurkan dalam bentuk bantuan pendidikan, ekonomi, keagamaan dan bencana alam.

“Di bidang pendidikan, YBM telah menyalurkan bantuan berupa beasiswa dan pelatihan. Memberikan santunan kepada Guru Ngaji maupun Da’i di pedalaman, modal usaha dan bantuan beras untuk Dhuafa, serta santunan anak yatim,” imbuh Arqam.

Kegiatan pengobatan gratis di Kecamatan Marau dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Desa Suka Karya . Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat sekitar. Tak kurang 200 orang mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis yang didukung oleh tim medis dari Puskesmas Marau.

Baca juga: Gubernur luncurkan unit reaksi cepat ambulance motor
Baca juga: PLN Bali-Kodam Udayana serahkan bantuan untuk veteran pejuang


Pada kesempatan tersebut, YBM PLN juga menyerahkan bantuan dakwah untuk Masjid Al- Azhar dan bantuan kompor induksi untuk pelayanan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra Ketapang, Marwanur mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh YBM PLN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di pedalaman. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang kami mengapresiasi seluruh program yang telah dilaksanakan oleh YBM PLN,” ujar Marwanur.

Baca juga: PLN bangun kembali fasilitas kesehatan usai banjir di Gresik
Baca juga: PT PLN serahkan 1.000 Al Quran untuk Provinsi Aceh

Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020