Warga Kramat Jati galang dana Rp20 juta untuk perbaiki tanggul jebol

Warga Kramat Jati galang dana Rp20 juta untuk perbaiki tanggul jebol

Tanggul jebol di RW 11 Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, diperbaiki melalui dana swadaya warga senilai Rp20 juta lebih akibat jebol saat banjir awal tahun 2020. (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Warga RW 11 Kramat Jati, Jakarta Timur, menggalang dana swadaya sedikitnya Rp20 juta untuk memperbaiki tanggul Kali Cipinang yang jebol pada Rabu (1/1).

"Proses perbaikannya berjalan selama sepekan sejak Senin (20/1). Uang sumbangan warga yang terkumpul kisarannya Rp20 juta lebih," kata RW11 Kramat Jati, Hadiyar di Jakarta, Senin.

Perbaikan tanggul yang jebol dikerjakan sepanjang 30 meter dengan tinggi 60 centimeter (cm) dari bibir tanggul berlokasi di RW 11 Kramat Jati.

Kegiatan perbaikan dibantu oleh tenaga Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) bersama lurah dan camat setempat.

"Ada petugas PPSU bantu pengerjaan. Semua swadaya warga ini, kalau dari pemerintah mengajukan kan prosesnya lama itu," katanya.

Baca juga: Intip cara Anies kelola sampah di Jakarta

Hadiyar mengatakan donasi perbaikan tanggul dikumpulkan dari sekitar 2.200 kepala keluarga (KK) di 18 RT wilayah setempat.

Laporan terkait tanggul jebol di wilayah RW11 telah disampaikan pihaknya kepada otoritas terkait di Pemprov DKI.

"Sudah disurvei pekan lalu, tapi karena warga khawatir dengan banjir susulan, jadi seluruh pengurus RT sepakat kita kerjakan secara swadaya dulu sambil menunggu perbaikan permanen dari pemerintah," katanya.
Baca juga: Air setinggi 110 cm genangi pemukiman warga RT 08 Cipulir

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tanggul jebol, 135 rumah di Cirebon terendam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar