Laporan dari London

Indonesia jaring wisatawan Lithuania

Indonesia jaring wisatawan Lithuania

Dubes Ibnu Said memperkenalkan lima tujuan wisata super prioritas Indonesia tahun 2020, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. (Kbri)

Indonesia menampilkan pertunjukan fesyen pakaian adat dari berbagai daerah yang dibawakan oleh para warga Lithuania
London (ANTARA) - Dubes RI untuk Denmark dengan negara akreditasi Lithuania, M. Ibnu Said, mengatakan hubungan dan kerja sama bilateral Indonesia dan Lithuania semakin menguat di berbagai sektor, untuk itu, diharapkan juga adanya kerja sama yang kuat antara operator perjalanan kedua negara sehingga memberikan dampak positif yang kuat di industri pariwisata.

Hal itu disampaikan Dubes M. Ibnu Said, di hadapan operator perjalanan dan warga Lithuania yang hadir pada business forum di sela-sela pameran wisata Adventur di Vilnius, Lithuania.

Menurut Dubes Ibnu Said, dengan menciptakan jaringan yang kuat di kalangan operator perjalanan kedua negara akan memudahkan pertukaran informasi terkait paket wisata yang terintegrasi dengan target wisatawan yang tepat.

Selain itu, Dubes Ibnu Said juga memperkenalkan lima tujuan wisata super prioritas Indonesia tahun 2020, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Business Forum tersebut juga dihadiri Sekretaris Ditjen Amerika dan Eropa Kemlu RI, Ratu Silvy Gayatri yang memberikan paparan mengenai Update on Indonesia, antara lain mengenai outlook ekonomi makro Indonesia 2020 dan mengajak pemangku kepentingan Lithuania untuk berinvestasi di Indonesia.

KBRI Kopenhagen dengan negara akreditasi Lithuania telah mengikuti pameran wisata Adventur 2020 di Vilnius, Lithuania. Pameran tersebut berlangsung tanggal 24 – 26 Januari merupakan pameran wisata terbesar di kawasan Baltik. KBRI bekerja sama dengan operator perjalanan dari Indonesia (Be Wish dan Marin Tour) dan Swedia (Asien Paradisresor) yang menawarkan paket wisata Indonesia.

Anjungan Indonesia seluas 30 m2 selalu dipenuhi pengunjung yang antusias menanyakan tentang Indonesia. Selain paket wisata, berbagai kuliner Indonesia juga dipromosikan, seperti rendang, semur, nasi kuning, bubur kacang hijau, serta wedang secang.

Berbagai produk kopi juga disuguhkan, mulai kopi sachet seperti torabika cappuccino hingga specialty coffee Indonesia dari Work Coffee Indonesia/Libertad Union Roastery.

Di panggung utama, Indonesia menampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Tari Nandak dari Jakarta, Tari Gantar dan Tari Enggang dari Kalimantan, Tari Merak dari Jawa Barat, Tari Topeng Bapang Malang dari Jawa Tengah, serta Tari Indang dari Sumatera. Pengunjung pun ikut menari di atas panggung menarikan Tari Maumere dari NTT.

Tak kalah menariknya, Indonesia menampilkan pertunjukan fesyen pakaian adat dari berbagai daerah yang dibawakan oleh para warga Lithuania, sebagian merupakan alumni penerima beasiswa dharmasiswa yang pernah studi mengenai bahasa dan budaya Indonesia.(ZG)

Baca juga: KBRI Kopenhagen gelar promosi Indonesia di Lithuania   
Baca juga: Nasi uduk dan semur disukai warga Lithuania

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar