Metro,Lampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa Provinsi Lampung bersiaga menghadapi penyebaran virus corona asal Wuhan, China.

Saat ditanya wartawan usai panen raya di Kota Metro, Senin, Arinal menyatakan bahwa pihaknya akan segera meninjau Bandara Radin Inten II dan Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan masuknya virus corona di Lampung.

"Ya nanti pulang dari Metro saya akan mampir ke bandara dan rumah sakit untuk antisipasi virus Korona," kata Arinal.

Baca juga: 80 orang tewas dan 2.744 orang terinfeksi di daratan China

Baca juga: China uji coba obat HIV untuk atasi virus corona baru


Baca juga: Dinkes Babel tambah stok obat antivirus antisipasi corona

Gubernur berharap tidak ada penyebaran virus corona di Lampung dan hingga saat ini menurut Kementerian Kesehatan juga belum mendeteksi adanya kasus virus corona di Indonesia. "Tetapi, kalaupun itu terjadi, kita akan mempersiapkan diri," kata Arinal.

Menurutnya, di Provinsi Lampung juga banyak terdapat warga yang kembali dari berkunjung ke Kota Wuhan, kota yang menjadi awal munculnya virus corona.

"Itu yang harus kita antisipasi. Karena Lampung ini kan besar. Siapa tau ada warga yang habis liburan ke sana dan ini yang harus diantisipasi," ucapnya.

Ia menegaskan Pemprov Lampung akan siaga untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, seperti yang dilakukan oleh daerah-daerah lain di Indonesia.*

Baca juga: KKP Mataram awasi penumpang pesawat terjangkit virus Corona

Baca juga: Bupati Konawe Utara minta 10 mahasiswa Indonesia di China dipulangkan

Baca juga: Batam tidak larang warganya ke Singapura terkait corona


Pewarta: Hisar Sitanggang/Hendra Kurniawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020