Demonstran di Lebanon lempar batu dan benda logam ke arah polisi

Demonstran  di Lebanon lempar batu dan benda logam ke arah polisi

Polisi huru hara menahan seorang pengunjuk rasa saat memprotes elit berkuasa yang mengarahkan Lebanon pada krisis ekonomi di Beirut, Lebanon, Sabtu (18/1/2020). REUTERS/Mohamed Azakir

Beirut (ANTARA) - Para demonstran  di Lebanon melempar batu dan penghalang dari logam ke arah pasukan keamanan yang memblokade jalan di dekat parlemen pada Senin.

Insiden terjadi menjelang debat soal anggaran saat Lebanon bergulat dengan krisis keuangan parah.

Sejumlah demonstran menolak kabinet baru yang dibentuk pekan lalu dan menuding elite politik mengabaikan tuntutan, yang mencakup pemerintahan independen dan pemberantasan korupsi.

Para anggota dewan diperkirakan akan memberikan suara mengenai anggaran yang pertama kali dirancang oleh pemerintah pimpinan Saad al-Hariri, yang mengundurkan diri pada Oktober dan dipicu oleh aksi protes.

Sejak saat itu komite anggaran dan keuangan parlemen menerapkan sejumlah perubahan. Ketua komite Ibrahim Kanaan pada Jumat mengatakan kepada Reuters bahwa proyeksi terbaru defisit anggaran pada kisaran 7 persen bukan yang awalnya diharapkan 0,6 persen, yang mencerminkan krisis.

Sumber: Reuters

Baca juga: Aksi protes damai berubah jadi kerusuhan di Lebanon
Baca juga: Politisi Lebanon saksikan ekonomi negara mereka ambruk
Baca juga: Kabinet Lebanon bersidang untuk pertama kali

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mawar Merah untuk aparat keamanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar