Taman Safari Bogor galang donasi untuk satwa terancam di Australia

Taman Safari Bogor galang donasi untuk satwa terancam di Australia

Kanguru Abu Abu di Taman Safari Bogor (Antaranews/HO/Taman Safari Bogor)

Pengelola ajak pengunjung, pencinta satwa, pencinta lingkungan di Indonesia, untuk turut peduli dan berpartisipasi secara aktif terhadap lingkungan dan mahluk hidup
Bogor (ANTARA) - Taman Safari Bogor bersama dengan Taman Safari Group yakni Taman Safari Prigen, Bali Safari & Marine Park, Batang Dolphins Center dan Jakarta Aquarium, yakni lembaga konservasi yang berkerja turut menjaga populasi satwa di dunia, menggalang donasi untuk membantu satwa liar di Australia yang terancam punah akibat kebakaran hutan.

"Kami prihatin dan bersimpati atas musibah kebakaran hutan di New South Wales Australia, yang menyebabkan kerusakan lingkungan bagi manusia maupun satwa," kata General Manager Area Taman Safari Bogor, Emeraldo B Parengkuan, melalui pernyataan tertulisnya, di Bogor, Senin.

Menurut Emeraldo, dii Taman Safari Bogor merawat Kangguru Abu Abu, salah satu satwa yang saat ini turut terancam akibat kebakaran hutan.

Taman Safari Bogor bersama Zoo Aquarium Association Australia (ZAA), kata dia, mengumpulkan sejumlah dana untuk keperluan program, di antaranya penyelamatan dan rehabilitasi satwa liar melalui perawatan medis untuk satwa yang terluka hingga sembuh, dan dilepas di alam bebas.

"Restorasi dan rehabilitasi habitat alami yang rusak. Penelitian terhadap status spesies satwa pasca-kebakaran, serta kegiatan konservasi lainnya demi menyelamatkan habitat dan satwa satwa liar Australia," katanya.

Baca juga: Taman Safari Bogor tampilkan kisah Kera Sakti saat Imlek

Baca juga: Taman Safari siapkan puncak acara lomba foto satwa IAPC 2019 di Bogor

Baca juga: Taman Safari Indonesia kampanyekan konservasi lewat lomba foto satwa


Menurut Emeraldo, pihaknya mengajak pengunjung, pencinta satwa, pencinta lingkungan di Indonesia, untuk turut peduli dan berpartisipasi secara aktif terhadap lingkungan dan mahluk hidup, menjaga agar lingkungan dan habitat terjaga baik dan melindungi populasi satwa agar tidak punah.

Untuk kegiatan donasi tersebut, Taman Safari Bogor menyediakan box untuk donasi yang disediakan di beberapa lokasi di Taman Safari Bogor sejak 20 Januari hingga 29 Februari 2020. "Kami peduli untuk membantu menyelamatkan alam dan satwa-satwa liar. Mari bantu selamatkan satwa liar yang terancam," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hutan terjadi di Snowy Mountains New South Wales, sekitar 492 kilometer dari Sydney. Sekitar 94.000 hektar lahan di daerah tersebut dilaporkan terbakar api, akibat suhu tinggi dan angin kencang.

Bahkan, sebuah pewasat jenis Hercules C-130, yang membawa air untuk memadamkan kebakaran, pada Kamis (23/1), di beritakan terjatuh dan menghilang di dekat Snowy Mountain, New South Wales.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ridwan Kamil minta warga Jakarta tidak ke Taman Safari dulu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar