PON 2020 Papua

Aceh andalkan atletik raih emas di PON 2020 Papua

Aceh andalkan atletik raih emas di PON 2020 Papua

Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf (kiri) menyerahkan bendera Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) kepada Bachtiar Hasan yang dikukuhkan sebagai ketua PASI Aceh periode 2019-2023 di Banda Aceh, Sabtu (25/1/2020). Antara Aceh/HO/Dok KONI Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menyatakan akan mengandalkan cabang olahraga atletik sebagai peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang berlangsung di Papua.

"Atletik merupakan penyumbang medali emas bagi Aceh di PON. Karena itu, atletik menjadi andalan bagi Aceh meraih medali emas pada PON 2020," kata Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf di Banda Aceh, Senin.

Muzakir Manaf menyebutkan cabang atletik menyumbangkan satu medali emas pada PON 2016 di Jawa Barat. Tradisi meraih emas tersebut harus dipertahankan pada PON 2020.

Baca juga: PON 2024 ditetapkan digelar di Aceh-Sumut

Menurut Muzakir Manaf, mengandalkan atletik di PON 2020 bukanlah harapan muluk. Dan ini mengacu pada prestasi atletik Aceh pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra 2019.

"Pada Porwil Sumatra 2019, atlet atletik Aceh meraih tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Capaian atletik di Porwil 2019 tersebut bisa ditingkatkan pada PON 2020," kata Muzakir Manaf.

Oleh karena itu, Muzakir Manaf menyebutkan atletik menjadi cabang olahraga prioritas utama program pemusatan pelatihan daerah KONI Aceh 2020. Tujuannya untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga atletik.

Baca juga: Menko PMK jajal lintasan atletik Mimika Sport Complex

"Kami akan fasilitasi dengan maksimal pemusatan pelatihan cabang atletik. Termasuk mengirim atlet berlatih di Jepang dan menggandeng pelatih nasional melatih atlet Aceh," kata Muzakir Manaf.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Aceh Bachtiar Hasan mengatakan Aceh meloloskan sembilan atlet ke PON di Papua yang dijadwalkan digelar akhir 2020 mendatang.

"Prestasi atletik Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun. Kami juga menginstruksikan pengurus PASI kabupaten dan kota menyiapkan atlet atletik untuk pekan olahraga daerah guna mencari bibit atletik berprestasi," kata Bachtiar Hasan.

Baca juga: Aceh bidik finis sepuluh besar

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PON 2020 jadi ajang tunjukkan talenta Papua kepada dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar