Material longsor masih banyak menutupi jalan-jalan penghubung
Makassar (ANTARA) - Anggota TNI dan Polri bersama warga bahu membahu membersihkan material longsor di Lembang Sasak dan Lembang Bau, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

"Material longsor masih banyak menutupi jalan-jalan penghubung sehingga muncul inisiatif dari anggota bersama warga untuk membersihkan material longsor," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo di Makassar, Senin.

Ia mengatakan pihaknya bersama unsur kecamatan juga membangun komunikasi kepada pemerintah daerah agar menurunkan alat berat dalam pembersihan material longsor itu.

Baca juga: Warga Tana Toraja Evakuasi Jenazah Akibat Longsor

Kombes Ibrahim menyatakan anggota bersama warga tidak mau menunggu lama adanya bantuan alat berat dalam pembersihan puing-puing itu dan memilih untuk mengerjakan yang bisa diangkat.

Kalau menunggu alat berat, pekerjaannya akan lama. Warga dan anggota memilih untuk mengangkat yang bisa diangkat agar akses jalan bisa dilalui," katanya.

Kapolsek Saluputti, Polres Tana Toraja AKP Martinus Pararuk mengatakan longsor yang menutupi jalan penghubung itu disebabkan oleh hujan lebat yang terus mengguyur daerah itu sejak Minggu (26/1).

Material longsor menutupi ruas jalan sepanjang kurang lebih 25 meter, akibatnya akses tersebut terputus total, tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Adapun material longsor yang menutupi jalan berupa tanah bebatuan gunung, pohon tumbang dan reruntuhan batu bronjol yang membutuhkan dukungan bantuan alat berat untuk dapat segera dibersihkan dari badan jalan.

Baca juga: Hujan deras akibatkan longsor di jalan poros Tana Toraja

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020