Satu lagi kita lagi cari nih. Mudah mudahan dapat, yang penting ada lima lapangan terdekat
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kini masih mencari lahan ataupun lapangan untuk latihan para atlet Piala Dunia U-20, setelah FIFA resmi menetapkan Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat sebagai salah satu stadion utamanya.

"Satu lagi kita lagi cari nih. Mudah mudahan dapat, yang penting ada lima lapangan terdekat," ujar Bupati Bogor, Ade Yasin kepada ANTARA di Bogor, Senin.

Ia menyebutkan, empat lapangan yang sudah siap ditunjuk sebagai tempat latihan yaitu, lapangan luar Stadion Pakansari, Stadion Mini Persikabo, Stadion Pajajaran Kota Bogor, dan lapangan bola di salah satu sekolah yang berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kemenpora pastikan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021

"Semua sudah siap pakai hanya yang mini sedang masa perbaikan. Kalau ada kita tak usah bikin, kalau gak ada terpaksa harus bikin (lapangan)," katanya.

Seperti diketahui, dengan ditetapkannya enam stadion utama sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung. Sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan karena setiap satu stadion utama harus didukung dengan lima lapangan latihan di sekitarnya.

Di samping itu, Ade Yasin menyebutkan bahwa tahun ini Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp300,647 miliar untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar Tol Sentul, hingga sekitaran Stadion Pakansari.

Baca juga: Surakarta respon positif Manahan venue Piala Dunia U-20

"Anggarannya (tersebar) di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya sendiri dan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion,” kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Diberitakan sebelumnya, FIFA dan Kemenpora telah memastikan enam stadion utama yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang berlangsung pada tanggal 24 Mei-12 Juni.

“Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto.

Baca juga: Menpora: PSSI harus mampu jadi tuan rumah terbaik Piala Dunia U20

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020