Jakarta (ANTARA) - Aparat negara, baik TNI maupun Polri siap untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 yang akan digelar di Papua.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di sela-sela Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, menyebutkan dalam rapim, pimpinan TNI dan Polri mematangkan dan menyatakan kesiapan pengamanan jelang pelaksanaan PON 2020 di Papua.

TNI bersama dengan Polri berharap pelaksanaan PON dapat berjalan dengan baik tanpa suatu hambatan apapun.

"Kita harapkan pelaksanaan PON nantinya semuanya bisa berjalan dengan aman dan damai tanpa adanya gangguan keamanan di wilayah tersebut, khususnya di Papua," kata Hadi.
 
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memberikan keterangan pers di sela-sela Rapim TNI-Polri, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). (Antara Foto/Syaiful Hakim)



Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menambahkan, apa yang telah disampaikan oleh Panglima TNI bahwa prinsipnya Polri didukung penuh oleh TNI untuk melakukan pengamanan pilkada serentak dan PON di Papua.

Polri sendiri, kata Kapolri, telah menyiapkan beberapa satgas untuk mendukung program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah. Seperti, Satgas Nusantara, Satgas masalah investasi, Satgas Pangan, Satgas khusus pengaman Papua.

"Itu semua kita bersama-sama dengan TNI. Semoga proses pengamanan oleh TNI-Polri ke depan akan berjalan dengan baik," kata Idham.

Hadir dalam Rapim TNI-Polri, yakni Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan ratusan perwira TNI dan Polri.

Rapim TNI-Polri 2020 kali ini mengangkat tema yaitu "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Sinergisitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju".

Rapim TNI-Polri tahun 2020 diikuti oleh 359 peserta terdiri dari 186 pejabat Mabes TNI dan Angkatan serta 173 pejabat Polri.

Tujuan Rapim TNI-Polri adalah mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak para peserta Rapim TNI-Polri sesuai Tupoksi masing-masing serta meningkatkan profesionalitas, sinergi, soliditas, dan TNI-Polri.

Rangkaian kegiatan Rapim TNI pada Selasa ini diisi dengan pembekalan oleh Mendagri Tito Karnavian, Menpora Zainuddin Amali, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kepala BMKG, Kepala BNPB Doni Monardo, Ketua KPU Arief Budiman, dan Ketua Bawaslu Abhan.


Baca juga: Jelang Pilkada serentak, Panglima ingatkan TNI tak berpolitik praktis

Baca juga: Prajurit TNI gelar komunikasi sosial dengan warga Aramsulki

Baca juga: Wamenhan buka rapim susun program pertahanan lima tahun


 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020