Jakarta (ANTARA) - TNI dan Polri menyiapkan rencana tindakan darurat dalam mengantisipasi bencana alam yang terjadi pada tahun 2020.

Hal itu merupakan salah satu hal yang dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.

Pada tahun 2020 ini diprediksikan masih akan terjadi bencana alam di sejumlah daerah yang menjadi pembahasan dalam rapim.

"Itu adalah tema yang akan kita terus kembangkan sehingga kita miliki satu sop atau rencana tindakan kontigensi dalam rangka mengantisipasi kejadian tahun 2020," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai membuka Rapim TNI-Polri.

Bencana itu mulai dari adanya fenomena alam yaitu hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah timur, bencana tanah longsor, banjir hingga kemungkinan adanya kemarau panjang.

"Kita juga membaca adanya kemungkinan terjadinya kemarau panjang yang berakibat pada gagal panen. TNI-Polri siap untuk mengatasi kesulitan wilayah yang terkena musibah kekeringan maupun bencana tersebut," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini.

Hadir dalam Rapim TNI-Polri, yakni Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan ratusan perwira TNI dan Polri.

Rapim TNI-Polri tahun 2020 diikuti oleh 359 peserta terdiri dari 186 Pejabat Mabes TNI dan Angkatan serta 173 Pejabat Polri.

Rapim TNI-Polri yang bertema "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Sinergisitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju".

Tujuan Rapim TNI-Polri adalah mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak para peserta Rapim TNI-Polri sesuai Tupoksi masing-masing serta meningkatkan profesionalitas, sinergi, soliditas, dan TNI-Polri.

Rangkaian kegiatan Rapim TNI pada Selasa ini diisi dengan pembekalan oleh Mendagri Tito Karnavian, Menpora Zainuddin Amali, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kepala BMKG, Kepala BNPB Doni Monardo, Ketua KPU Arief Budiman, dan Ketua Bawaslu Abhan.

Baca juga: Tujuh pesan Panglima TNI jelang pilkada dan PON 2020

Baca juga: Jelang Pilkada serentak, Panglima ingatkan TNI tak berpolitik praktis

Baca juga: Panglima TNI: Pembentukan tiga satuan baru mampu hadapi ancaman

Baca juga: Hadi Tjahjanto-Idham Aziz ingatkan prajurit tiga program kerja 2020

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020