Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemkab Gianyar menerima penghargaan Terbaik II katagori Pengelola Dana Desa Tahun 2019, dan meraih posisi terbaik ke-2 dari 9 kabupaten/kota se Bali.

“Ini adalah prestasi atas kinerja kita semua, dan ke depan kinerja harus ditingkatkan lagi, “ kata Sekda Wisnu Wijaya, usai menerima penghargaan itu di Denpasar, Selasa.

Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto kepada Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, MM , di Gedung Keuangan Negara 1, Denpasar. Pemkab Gianyar meraih posisi terbaik ke-2 dari 9 kabupaten/kota se-Bali.

Usai menerima penghargaan, Sekda Wisnu Wijaya menyampaikan bahwa penghargaan ini berkat dukungan dan kerja keras seluruh jajaran. Dan yang terpenting juga dukungan dari OPD (organisasi perangkat daerah) terkait dan pemerintahan desa yang komit kelola dana desa.

Pihaknya juga menargetkan untuk pengelolaan dana desa tahun depan akan lebih baik lagi dengan melakukan pembenahan, pendampingan dan pengawasan terhadap tahapan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran dana desa sehingga tahun depan Gianyar bisa naik peringkat.

Lebih jauh Sekda Wisnu Wijaya menyampaikan dana desa memiliki peran strategis dalam menggerakkan roda perekonomian desa. Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara harus digunakan secara konsisten dan terkendali.

"Setiap kegiatan yang menggunakan alokasi dana desa, melalui beberapa tahapan proses baik itu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip," tambah Sekda.

Dengan demikian dana desa akan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia, dan penanggulangan kemiskinan.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Wayan Suarjana mengajak semua pihak bersama-sama kelola dana desa dengan sebaik-baiknya untuk rakyat Bali.

Perencanaan dan persiapan harus dilakukan dengan matang sehingga dana yang disalurkan pemerintah pusat dapat terkelola dengan baik. Gubernur Bali juga mengajak masyarakat bersama-sama bersinergi supaya DAK Fisik dan dana desa bisa kita cepat penyaluran.

Baca juga: Bupati Gianyar dukung budi daya apel

Baca juga: Pemkab Gianyar bagikan tas belanja di pasar tradisional

Baca juga: Pemkab Gianyar gelar lomba busana adat ke kantor

Baca juga: Pemkab Gianyar gandeng pemuda majukan pariwisata


Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020