Enam mahasiswa Riau berada di Wuhan China dalam kondisi sehat

Enam mahasiswa Riau berada di Wuhan China dalam kondisi sehat

Mahasiswa asal Aceh, Muhammad Sahuddin (kiri) menjalani pemeriksaan kesehatan sesampainya dari China di ruangan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Selasa (28/1/2020). ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya menyatakan enam mahasiswa asal Riau yang hingga kini masih berada di Wuhan, China, dan mereka dalam kondisi sehat.

"Kita lakukan koordinasi dengan baik bersama Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), khususnya terkait kondisi pelajar asal Riau di Wuhan," kata Yan Pran Jaya di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan terakhir mendapat informasi kondisi mahasiswa Riau tersebut dari Kasubdit Perlindungan WNI Kemenlu RI, Toni.

"Saat ini seluruh WNI yang ada di Wuhan dalam keadaan sehat. Termasuk warga asal Riau," kata Yan mengutip informasi dari Kemenlu RI.

Baca juga: Pemulangan mahasiswa Nunukan dari China tunggu instruksi Kemlu

Baca juga: Mendikbud minta mahasiswa Indonesia di Wuhan tetap tenang

Baca juga: Mahasiswa Aceh minta dievakuasi dari Wuhan


Ia mengatakan Kemenlu terus memantau dan sudah memberikan bantuan untuk WNI di daerah wabah virus corona tersebut.

Yan mengatakan Kemenlu mengimbau kepada masyarakat yang ada di Indonesia untuk tidak membesar-besarkan masalah evakuasi karena saat ini ada dalam masa inkubasi.

"Evakuasi tidak semudah yang dipikirkan karena virus bisa menyerang lewat udara. Masa inkubasi sudah masuk hari ketiga," katanya.

Jika ada Pemda yang ingin menyalurkan bantuan, lanjutnya, pihak Kemenlu siap memfasilitasi, tapi bantuan tidak boleh dikhususkan hanya untuk warga asal.

"Bantuan harus untuk semua. Jika dikhususkan hanya untuk warga asal, dapat menimbulkan saling iri dan lainnya. Ini tentu saja menjadi hal yang negatif," katanya.*

Baca juga: Bupati Konawe Utara minta 10 mahasiswa Indonesia di China dipulangkan

Baca juga: Muhammadiyah dorong pemulangan mahasiswa Indonesia di China

Baca juga: Gubernur nyatakan mahasiswa Jawa Timur di Wuhan aman

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo ingatkan jangan euforia atas adanya vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar