Ini tuh bangunan berada tepat di atas saluran
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat membongkar lima bangunan liar berupa kios dan toilet umum di atas saluran air, Jalan Cempaka Putih Tengah XXVI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa.

"Ini tuh bangunan berada tepat di atas saluran. Mana permanen lagi tidak dikasih sela atau jarak yang memudahkan petugas menguras. Makanya warga minta agar dibongkar dan dilakukan pengurasan," kata Ketua RT/RW 16/04 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Marzuki.

Bangunan liar yang dibongkar itu sudah berusia 10 tahun dan berdiri secara permanen sehingga ketika hujan turun terjadi genangan karena saluran air yang tersumbat oleh bangunan yang menyalahi aturan itu.

Baca juga: Pemkot Jakpus tertibkan 34 bangunan liar

Pembongkaran dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cempaka Putih dibantu juga oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat dan PLN.

"Tadi, kabel diputus oleh PLN, semua material dibuang oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat," kata Kasatpol PP Kecamatan Cempaka Putih Aries Cahyadi.

Usai pembongkaran bangunan selesai, petugas SDA Kecamatan Cempaka Putih dikerahkan untuk menguras saluran air yang dikeluhkan mampet oleh masyarakat.

Baca juga: Warga Kalijodo besok terima surat peringatan 1 untuk bongkar bangunan

"Petugas kita kerahkan sekitar 30 orang dan ada juga tiga truk," kata Wakil Camat Cempaka Putih Fadlan Zuhran.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020