saat akhir pekan bisa meningkat menjadi 80-90 persen
Solo (ANTARA) - Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo yang menghubungkan Stasiun Solobalapan dengan Bandara Adi Soemarmo hingga saat ini masih menjadi favorit baru masyarakat untuk menghabiskan waktu senggang setelah satu bulan beroperasi.

"Ini terlihat dari okupansi kereta yang masih tetap tinggi, rata-rata di kisaran 60-70 persen pada hari-hari biasa. Sedangkan saat akhir pekan bisa meningkat menjadi 80-90 persen," kata Kepala Stasiun Bandara Adi Soemarmo Helly Indrayanto di Solo, Rabu.

Baca juga: KA Bandara Solo mulai beroperasi, digratiskan selama dua bulan


Ia mengatakan saat ini KA Bandara tersebut melayani 12 kali perjalanan setiap harinya dengan total kapasitas 2.400 penumpang.

"Setiap harinya KA ini membawa sekitar 1.700 penumpang kalau pas hari kerja, sedangkan weekend bisa sampai 2.000-an orang," katanya.

Meski demikian, diakuinya, dari total jumlah penumpang yang menggunakan fasilitas KA Bandara hingga saat ini masih didominasi masyarakat umum yang sebatas penasaran dengan moda transportasi baru tersebut.

Baca juga: Pemerintah masih hitung tarif KA Bandara Adi Soemarmo


"Kalau jumlah penumpang yang turun dari pesawat maupun yang akan menaiki pesawat jumlahnya masih sangat kecil, tetapi sudah mulai ada yang memanfaatkannya. Khusus penumpang bandara yang turun dari pesawat, kami siapkan cadangan tiket sebanyak 15-20 tiket. Itupun tidak setiap hari habis," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, untuk pembelian tiket pesawat sejauh ini masih dilakukan secara go show dan belum bisa dipesan melalui KAI Akses.

"Termasuk yang datang secara rombongan, kan banyak sekolah yang mengajak siswanya mencoba KA Bandara ini. Pembelian tiketnya juga secara go show," katanya.

Baca juga: Menhub tinjau kesiapan KA Bandara Adi Soemarmo


Mengenai harga tiket KA Bandara tersebut, hingga saat ini pihaknya belum memperoleh informasi dari PT KAI (Persero). Menurut dia, sejauh ini harga tiket masih gratis.

"Kemungkinan kalau masa uji coba ini sudah selesai baru harga tiketnya keluar, kalau saat ini memang belum. Untuk uji coba sendiri akan selesai hingga akhir bulan ini," katanya.

Baca juga: KA Bandara Adi Soemarmo siap beroperasi 20 Desember
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020