Laporan dari London

Indonesia bukukan transaksi Rp2,3 miliar di ITF Slowakia

Indonesia bukukan transaksi Rp2,3 miliar di ITF Slowakia

Kota Bratislava, Slowakia. (ist/Melati Yuniasari Fauziyah)

Potensi wisatawan asal Slowakia serta negara Eropa Tengah dan Timur lainnya cukup tinggi
London (ANTARA) - KBRI Bratislava menggandeng tiga tour operator asal Slowakia, yaitu Alchemy Travel, Victory Travel, Go2 Travel dan dua dari Indonesia, Nusa Dua Bali Tours and Travel, dan Triptrik Travel di International Travel Fair (ITF) Slovakiatour and Danubius Gastro ke-26 berhasil membukukan potensi transaksi senilai Rp2,3miliar untuk 150 pax paket wisata ke Bali, Komodo, dan Papua.

Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani kepada Antara London, Rabu, menyebutkan ITF Slovakiatour and Danubius Gastro berlangsung di gedung eksibisi Incheba di Bratislava, selama empat hari dari tanggal 23-26 Januari 2020 merupakan ajang mempromosikan Indonesia bagi wisman di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady mengharapkan tur operator Indonesia dan Slowakia memanfaatkan momen pameran pariwisata untuk menjual destinasi wisata Indonesia, tidak hanya Bali tetapi juga destinasi “Beyond Bali”.

Dubes minta usaha bersama menjaring wisman asal Slowakia dalam bentuk grup atau paket sehingga meningkatkan perolehan devisa dari sektor pariwisata mengingat rata-rata arus wisman asal Slowakia ke Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya.

Sementara itu Presiden Incheba, Alexander Rozin, menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan Indonesia sebagai peserta dari Asia dan meyakinkan bahwa destinasi eksotik Asia masih merupakan salah satu destinasi yang paling diminati oleh warga Eropa, khususnya Slowakia.

Dikatakan, ITF Slovakiatour and Danubius Gastro 2020 menawarkan paket berbagai destinasi wisata, monumen bersejarah, keajaiban dunia, termasuk sektor jasa bidang pariwisata seperti berbagai pilihan akomodasi, kuliner, dan informasi lain yang dibutuhkan wisatawan.

ITF Slovakiatour and Danubius Gastro 2020 ini diikuti 732 peserta, yang tidak hanya berasal dari Slowakia namun tapi juga dari 24 negara serta tourism board. Sekitar 70.000 pengunjung memadati area seluas 17.000 m2.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Indonesia merupakan satu-satunya negara Asia yang terlibat pada kegiatan ini. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ajang ini juga dirangkai dengan promosi gastronomi, dan mengalokasikan area khusus untuk peralatan dan perlengkapan berburu, memancing dan berkemah

Wakil Menteri Luar Negeri Slowakia, Lukas Parizek menyatakan ITF Slovakiatour and Danubius Gastro 2020 mendapatkan dukungan dari pemerintah Slowakia. Hal ini mengingat pentingnya memajukan industri pariwisata di Slowakia, memperkenalkan kekayaan hasil pertanian, peternakan, dan gastronomi Slowakia mendukung ketahanan pangan dalam negeri Slowakia.

Potensi wisatawan asal Slowakia serta negara Eropa Tengah dan Timur lainnya cukup tinggi, KBRI setiap harinya melakukan presentasi mengenai destinasi wisata baru Indonesia yang termasuk pada proyek “10 New Bali” pada panggung utama ITF Slovakiatour.

KBRI juga mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia yang telah masuk ke pasar Slowakia, seperti kopi dari berbagai wilayah di Indonesia yang dilakukan distributor kopi Indonesia di Slowakia yaitu Chute dan Petimera, serta berbagai produk Indonesia yang telah berada di pasar Slowakia seperti mi instan, beras organik, vanili, pala, kecap, serta permen jahe, permen kopi dan coklat.

Baca juga: RI ajak Slowakia kerja sama dalam kerangka Indo-Pasifik
Baca juga: Tempe jadi daya tarik Charity Christmas Bazar di Bratislava


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar