Banjir bandang landa kawasan Gunung Ijen Bondowoso

Banjir bandang landa kawasan Gunung Ijen Bondowoso

Warga melihat rumahnya yang terdampak banjir bandang di Kampung Baru, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020). Banjir bandang itu, mengakibatkan 211 rumah terendam lumpur dan warga diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww/pri.

Terdampak banjir bandang diperkirakan ada 200 rumah, namun itu sementara, karena kami bersama petugas lainnya masih melakukan pendataan. Untuk korban jiwa sementara tidak ada
Bondowoso (ANTARA) - Banjir bandang melanda Desa Sempol yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu siang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triyatmoko menjelaskan air bercampur lumpur itu sempat melanda ratusan rumah di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, setelah sebelumnya di wilayah Gunung Suket, Jampit, diguyur hujan deras.

"Banjir bandang terjadi Rabu siang tadi sekitar pukul 13:00 WIB di Desa Sempol, Kecamatan Ijen," katanya saat di hubungi di Bondowoso.

Ia menyebutkan akibat banjir bandang itu, sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol terendam lumpur setinggi sekitar 30 cm.

"Terdampak banjir bandang diperkirakan ada 200 rumah, namun itu sementara, karena kami bersama petugas lainnya masih melakukan pendataan. Untuk korban jiwa sementara tidak ada," ujarnya.

Informasi yang dihimpun ANTARA, sebelum terjadi banjir bandang yang menerjang permukiman warga di kawasan dekat perkebunan kopi itu, terjadi hujan deras di daerah hulu, yakni Gunung Suket, selama kurang lebih dua jam.

Warga tidak menduga akan datangnya air bercampur lumpur yang tiba-tiba meluncur dengan membawa balok kayu menerjang permukiman mereka.

Baca juga: Banjir bandang tewaskan satu orang di Bondowoso
Baca juga: Korban meninggal banjir di Tapanuli Tengah jadi 6 orang
Baca juga: Dua desa di Kabupaten Malang diterjang banjir bandang

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar