Jakarta (ANTARA) - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dalam mengantisipasi virus corona.

"RSPI Sulianti Saroso, satu dari 100 rumah sakit se-Indonesia yang disiapkan untuk penanganan virus corona," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Rabu.

Melki menyatakan Kementerian Kesehatan bersama rumah sakit sudah sangat siap mengantisipasi dan mengatasi jika nantinya ditemukan penyebaran virus corona di Indonesia.

Terkait kunjungan tersebut, Melki menegaskan
akan meminta anggota Komisi IX lainnya untuk melakukan pengecekan, jika mereka melakukan kunjungan ke daerah.

Baca juga: Dinkes DKI rekomendasikan tiga RS rujukan isolasi penderita corona

Wakil Ketua Komisi IX Sri Rahayu mengatakan, 
RSPI Sulianti Saroso merupakan rumah sakit dengan standar internasional yang sudah diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penyakit infeksi saluran pernafasan.

"Kami sudah meninjau segala persiapan di rumah sakit dan semuanya sudah lengkap," ujar Rahayu.

Rahayu mengimbau jika masyarakat di daerah menemukan orang yang diduga alias suspect virus corona agar tidak perlu panik untuk membawa ke Jakarta.

"Sudah ada rumah sakit rujukan di provinsi se-Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Dinkes DKI buka sambungan 24 jam fasilitasi laporan virus corona
Baca juga: Warga Jakarta Utara diimbau kenali gejala virus Corona

Penyebaran virus corona tipe baru atau novel coronavirus (2019-nCov) terus bertambah ke-14 negara dengan jumlah yang melonjak hampir dua kali lipat dibanding hari sebelumnya sebanyak 2.798 menjadi 4.593 kasus positif, kata WHO.

Berdasarkan laporan resmi WHO terkait perkembangan situasi virus corona per tanggal 28 Januari 2020 yang dikutip di Jakarta, Rabu, sebanyak 4.537 kasus positif virus corona terjadi di China dengan 976 di antaranya dalam kondisi kritis, 106 meninggal dunia dan 6.973 orang lainnya diduga terjangkit virus tersebut.
Baca juga: Seorang pasien "suspect" virus corona di Jakarta diisolasi
Baca juga: Menkes imbau masyarakat tenang soal dugaan virus corona di Jakarta


Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020