Jakarta (ANTARA) - Dominic Thiem berhasil membungkam serangan balik peringkat pertama dunia Rafael Nadal di set ketiga babak perempat final sebelum berhasil mengunci posisinya di semifinal Australia Open 2020, Rabu.

Pada laga selama empat jam 10 menit di Rod Laver Arena Melbourne, petenis Austria ini mengunci kemenangan atas Nadal dengan skor 7-6(3), 7-6(4), 4-6, 7-6(6), serta menjadi kemenangan pertamanya atas Nadal di perempat final Grand Slam awal musim ini.

Baca juga: Dominic Thiem pertama kali capai perempat final Australia Open

Thiem, yang kalah dari Nadal dua kali di final Roland Garros (French Open), sekarang mengklaim satu kemenangan dari petenis Spanyol itu di setiap tur ATP sejak 2016. Selain itu, kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi Thiem atas Nadal di lapangan keras, setelah keempat kemenangan sebelumnya terjadi di lapangan tanah liat.

Petenis berusia 26 tahun ini juga menjadi salah satu dari dua atlet Austria yang bisa bertahan hingga babak empat besar di Australia Open, mengikuti jejak Thomas Muster.

Baca juga: Thiem yakin tahun ini 'Tiga Besar' tumbang di Grand Slam
Baca juga: Djokovic kenang pebasket Kobe Bryant di sela-sela Australia Open 2020


Selanjutnya Thiem akan bertemu petenis Jerman Alexander Zverev di semifinal guna memperebutkan tiket final. Zverev yang usianya sepantaran dengan Thiem mencatatkan skor 6-2 dalam pertemuan mereka, termasuk kemenangan di semifinal ATP Finals tahun lalu.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020