Dengan maraknya isu penyebaran virus corona, maka kereta api sebagai salah satu sarana transportasi publik yang memiliki mobilitas tinggi turut melakukan edukasi
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 melakukan cek kesehatan serta sosialisasi kepada penumpang guna mencegah penyebaran virus corona yang telah merebak di China dan beberapa negara lainnya.

Sosialisasi tentang penyakit Coronavirus dan upaya pencegahan penularannya dilaksanakan PT KAI Daop 1 Jakarta kepada calon penumpang di Stasiun Kereta Api (KA) Gambir dan Pasar Senen, Rabu.

Baca juga: Menhub-Menkes-Menpar bahas pencegahan virus corona di Indonesia
 

Sosialisasi penyakit dan pencegahan penularan virus corona ini dilakukan dengan pembagian masker, pemasangan spanduk yang berisikan informasi mengenai virus corona dan penyebarannya, pemasangan stiker enam langkah mencuci tangan yang baik, dan brosur mengenai pencegahan virus corona.

Disediakan juga antiseptik pembersih tangan, di titik area stasiun yang banyak saling bersentuhan dan berinteraksi antarpenumpang, seperti loket dan pintu check boarding.

Tidak hanya itu, PT KAI Daop 1 Jakarta melalui Unit Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek dan keluhan penyakit lainnya.

“Dengan maraknya isu penyebaran virus corona, maka kereta api sebagai salah satu sarana transportasi publik yang memiliki mobilitas tinggi turut melakukan edukasi kepada para pengguna jasa KA dengan berbagai bentuk kegiatan, di antaranya; pembagian masker, pemasangan spanduk berisi informasi bahaya virus corona, penempatan antiseptik pembersih tangan, dan pemeriksaan kondisi tubuh penumpang,” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menhub minta sektor transportasi intensif antisipasi Virus Corona
 

Eva mengatakan tidak hanya di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, spanduk sosialisasi pencegahan virus corona akan dipasang di stasiun-stasiun besar, seperti Stasiun Bogor, Sukabumi, Bekasi, Cikampek, Manggarai, dan lainnya.

“PT KAI juga menyediakan pos kesehatan di setiap stasiun, jika ada penumpang yang merasa kurang fit sebelum dan sesudah perjalanan KA, silahkan melakukan pemeriksaan kesehatan di poskes stasiun. Tidak hanya di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, kegiatan seperti ini juga akan kami lanjutkan di Stasiun BNI City dan Bandara Soekarno-Hatta yang berintergrasi dengan transportasi lainnya,” tambah Eva.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121.

Baca juga: Menkes: Tidak semua yang datang dari Tiongkok membawa virus corona


 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020