Belum resmi tayang, film "Temen Kondangan" sudah dibajak saat premier

Belum resmi tayang, film "Temen Kondangan" sudah dibajak saat premier

Cuplikan adegan film "Temen Kondangan". (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Film "Temen Kondangan" dibocorkan di sosial media sebelum resmi dirilis di bioskop.

Bocoran diduga merupakan rekaman saat penayangan di gala premier yang berlangsung pada Senin (27/1) di Epicentrum, Jakarta.

Di antara para tamu undangan yang menyaksikan penayangan perdananya, ditemukan beberapa orang yang gerak-geriknya mencurigakan.

Orang-orang tersebut terlihat selalu memainkan ponselnya dan ternyata kedapatan tengah merekam adegan dalam film.

"Ketika lagi gala premier, ada tiga orang yang dengan sengaja merekam film ‘Temen Kondangan’ dengan alasan untuk koleksi pribadi," ujar produser film "Temen Kondangan", Mifrah Syafrian Yahya melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA, Rabu.

Miftah menceritakan awalnya pihak MNC Pictures sempat menegur tiga orang tersebut. Namun dilanjutkan kepada pihak berwajib lantaran mereka berusaha mengunggah hasil rekaman ke media sosial.

Miftah juga menyayangkan, masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa produksi sebuah film membutuhkan keterlibatan banyak orang dan biaya yang tak sedikit.

"Kita memberikan sosialisasi ke terduga pelaku tentang betapa merugikannya ketika membajak film. Karena apa yang sudah dibuat dengan keringat, budget yang besar serta waktu yang panjang dari pra-produksi, produksi hingga pasca-produksi, bisa menjadi sia-sia hanya karena tindakan pembajakan," jelas Miftah.

Menolak pembajakan, menurut Miftah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi masyarakat pun diharapkan ikut serta di dalamnya.

"Kami juga akan meningkatkan sosialisasi melalui media sosial tentang larangan pembajakan serta berharap pihak bioskop juga memperbanyak iklan di bioskop tentang larangan merekam dan menyebarkannya," kata Miftah.

"Temen Kondangan" mulai tayang pada 30 Januari 2020 dan dibintangi oleh Prisia Nasution, Gading Marten, Samuel Rizal, Olivia Jensen, Kevin Julio dan lainnya.

Baca juga: Syuting "Temen Kondangan", kulit Olivia Jensen terbakar

Baca juga: Deretan film Indonesia di awal tahun 2020

Baca juga: Samuel Rizal beradu akting dengan Prisia Nasution di "Temen Kondangan"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar