Jakarta (ANTARA) - Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi, bersama Yamaha, akan memutuskan masa depannya apakah akan tetap membalap atau pensiun dari MotoGP pada pertengahan musim 2020.

Rossi akan menjalani musim ke-15-nya sebagai pebalap tim Yamaha Factory Racing tahun ini sebelum digantikan oleh Fabio Quartararo yang akan menjadi rekan satu tim Maverick Vinales tahun depan.

Setelah berdiskusi dengan tim, pebalap asal Italia itu akan mengambil keputusan final pada pertengahan tahun ini setelah melakukan evaluasi tentang kecepatannya di trek dibandingkan dengan para pesaing lainnya di grid MotoGP dalam tujuh atau delapan seri awal musim ini.

Baca juga: Quartararo gantikan Rossi di tim pabrikan Yamaha mulai 2021

Baca juga: Yamaha perpanjang kontrak Maverick Vinales


Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis pun mendukung dan menghargai keputusan dari sang pebalap yang akan genap berusia 41 tahun pada 16 Februari nanti.

"Di saat kami memiliki rasa hormat dan keyakinan yang tinggi terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Valentino pada kejuaraan tahun 2020, pada saat yang sama Yamaha juga memiliki rencana untuk masa depan," kata Jarvis seperti dikutip laman resmi tim, Rabu.

Apabila Rossi memutuskan untuk terus membalap, Yamaha menjamin akan tetap memberinya motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan untuk membalap dan dukungan teknis.

Jika dia memutuskan untuk pensiun, Yamaha akan melanjutkan kolaborasi mereka di luar trek dengan para pebalap muda dari program pelatihan dan juga Yamaha VR46 Master Camp, dengan Rossi sebagai ambassadornya.

Sementara itu, Yamaha akan tetap mendukung penuh kampanye Rossi tahun ini yang merupakan tahun ke-25-nya turun di kejuaraan dunia, tahun ke-21 di kelas premier dan tahun ke-15 bersama Yamaha.

Baca juga: Karier Rossi bergantung pada hasil MotoGP 2020

Baca juga: Musim sempurna bagi Marquez


Rossi pun mengungkapkan jika Yamaha telah memintanya untuk membuat keputusan sejak awal tahun ini, namun dia tak ingin terburu-buru dan meminta sejumlah waktu, sementara fokus menghadapi musim ini dengan kepala kru baru.

"Sebelum itu, saya membutuhkan sejumlah jawaban yang hanya bisa dijawab di trek dan oleh beberapa balapan pertama.

"Saya senang, jika saya memutuskan untuk lanjut, Yamaha siap untuk mendukung saya dalam semua hal, memberi saya motor spesifikasi pabrikan dan kontrak pabrikan.

Sebelum seri perdana musim ini digelar di Qatar 8 Maret, Viñales dan Valentino Rossi akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6 Februari.

Baca juga: 20 balapan MotoGP siap ramaikan tahun 2020, berikut jadwal lengkapnya

Baca juga: Lorenzo, Biaggi dan Anderson siap dinobatkan sebagai legenda MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020